Jumat, 17/05/2024 - 04:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

SKIPM: Ikan Bias Laut Dijual ke Pasar Domestik Rp 3,5 Miliar

PADANG — Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu serta Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Padang, Sumatra Barat (Sumbar) mencatat 47.735 ekor ikan hias laut senilai Rp 3,5 miliar dikirim ke pasar domestik sepanjang Juni 2023.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Kepala SKIPM Padang Abdur Rohman, di Padang, Ahad (16/7/2023), mengatakan, selain ikan hias laut, ada ikan garing dengan jumlah 43.625 ekor dengan nilai Rp 26,2 juta dan lobster yang dikirim ke pasar domestik sebanyak 15.301 ekor dengan nilai ekonomi mencapai Rp 1,14 miliar.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Hasil perikanan itu nanti ada juga yang diekspor tetapi tercatat melalui daerah lain. Misalnya kita kirim ke Jakarta dan nantinya diekspor dari Jakarta ke negara tujuan dan tercatat ekspor itu dari Jakarta,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Selain itu ada ikan hias air tawar sebanyak 7.921 ekor senilai Rp 39,6 juta, lobster air tawar 4.000 ekor senilai Rp 28 juta, ikan cupang 353 ekor senilai Rp 35,3 juta. Selanjutnya ikan betutu 2.305 ekor senilai Rp 69,15 juta, kepiting 1.375 ekor senilai Rp 13,1 juta dan hasil perikanan lainnya 46.798 ekor senilai Rp 48,1 juta

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Iwan Sumule: Tuduhan Pemilu Curang Tampak Hanya Pentas Demokrasi Komika

Sementara itu untuk komoditas nonhidup ada tuna segar seberat 264 kilogram dengan nilai Rp 79,2 juta, lobster segar seberat 641 kilogram senilai Rp 48,07 juta , ikan kaka tua seberat 9.809 kilogram senilai Rp 196,1 juta dan 13.088 kilogram hasil perikanan lainnya senilai Rp 277,7 juta.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Ia menyebutkan total nilai hasil perikanan yang dikirim ke pasar domestik mencapai Rp 8,29 miliar dan pihaknya mengeluarkan 236 surat kesehatan ikan. “Untuk daerah tujuan pengiriman ada ke Jakarta, Denpasar, Batam, Pontianak dan Surabaya,” kata dia

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
KPK Sebut Kerugian Proyek Fiktif di Telkom Group Tembus Ratusan Miliar

Ia menjelaskan SKIPM merupakan institusi yang memeriksa dan memastikan kualitas hasil perikanan yang ditangkap di perairan Sumbar bebas dari penyakit berbahaya sebelum dikirim ke luar provinsi. Selain melakukan cek secara fisik kesegaran ikan hasil tangkapan, dengan ciri-ciri daging ikan masih kenyal dan mata ikan yang masih cerah, pihaknya juga mengambil sampel ikan untuk diperiksa ke laboratorium.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Seluruh fasilitas laboratorium yang dimiliki oleh SKIPM Padang telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional untuk memastikan ikan yang akan dikonsumsi masyarakat maupun diekspor terjamin mutunya. “Kami akan memastikan apakah ikan ini bebas dari formalin, histamin, logam berat, dan sesuai dengan permintaan negara tujuan. Apabila bebas, maka mereka akan diberikan sertifikat yang menyatakan ikan bersih dari penyakit dan layak ekspor,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi