Selasa, 30/04/2024 - 10:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Inalum Laksanakan Program Babe Lucu Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Desa

ADVERTISEMENTS

BATUBARA — PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) melaksanakan Program Desa Binaan Batu Bara Bersama Lubuk Cuik (Babe Lucu) yang dipusatkan di Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kabupaten Batu Bara, Sumatra Utara, untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi desa.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Vice President CSR Inalum, Ali Hasian di Kabupaten Batubara, Sumut, Kamis (20/7/2023), mengatakan hampir tiga tahun program tersebut berjalan membuat capaian kinerja program di Desa Lubuk Cuik tersebut terus meningkat. Hal ini terlihat dari penghasilan para petani setempat yang menghasilkan akumulasi ekonomi hingga Rp 42,6 miliar per tahun dan mendukung aktivitas produktif ekonomi lebih dari 400 petani cabai.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Program Babe Lucu ini dapat meningkatkan pendapatan petani setempat yang didominasi oleh petani cabai. Adanya program tersebut juga membuat berbagai inovasi baru dari olahan cabai seperti pengembangan produk baru dengan bahan dasar cabai kering seperti produk saus dan abon cabai,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
BBM Sultan, Pertamina Catat Konsumsi Pertamax Turbo Naik 104 Persen
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Ali juga menjelaskan bahwa selain nilai ekonomi yang meningkat, Program Babe Lucu menciptakan 34 hektare lahan produktif. Program tersebut juga menciptakan pengembangan lahan baru 6,8 hektare selama tiga tahun.

ADVERTISEMENTS

Ditambahkan bahwa selama program ini berjalan, Desa Lubuk Cuik mendapatkan irigrasi teknis yang optimal sehingga mampu melahirkan efisiensi dan optimalisasi penggunaan air permukaan (aliran air sungai). Kemudian, pertanian cabai yang bernilai ekonomis mendorong tetap terjaganya lahan pertanian yang produktif dan sehingga memiliki alasan ekonomi dan sosial dalam menahan laju konversi dari lahan pertanian ke pembangunan perumahan atau perkebunan yang lebih memberikan dampak baik.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Menhub Kawal Investasi Jepang untuk Proyek TOD MRT

Ali berharap Program Babe Lucu dapat membantu masyarakat Lubuk Cuik menghadapi situasi yang sulit ini, apalagi harga cabai yang tidak menentu. “Saya optimistis dengan adanya program ini, masyarakat sekitar dapat terus maju dan berkembang, sehingga dapat melakukan inovasi – inovasi baru dengan hasil panen nya. Kami juga berkontribusi pada Program Babe Lucu ini dengan melibatkan SDM kami, seperti pengerjaan irigasi yang melihatkan bagian sipil dan lingkungan,” katanya.

Inalum merupakan badan usaha milik negara (BUMN) pertambangan yang bergerak di bidang peleburan aluminium.

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi