Senin, 15/04/2024 - 18:58 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Kim Jong-un Inspeksi Pabrik Senjata, Sinyal akan Ekspor Senjata

ADVERTISEMENTS

SEOUL – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un sepertinya sudah mengunjungi sejumlah pabrik senjata utama pekan lalu untuk tujuan-tujuan seperti merespons rencana latihan militer Korea Selatan dan Amerika Serikat dan niat mengekspor senjata, kata Kementerian Unifikasi Korea Selatan pada Senin.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Mulai Kamis sampai Sabtu pekan lalu pemimpin Korea Utara itu menginspeksi sejumlah pabrik senjata penting, termasuk pabrik pembuat peluru untuk peluncur roket kaliber besar dan mesin untuk rudal jelajah strategis.

ADVERTISEMENTS
Iklan Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Bustami Hamzah sebagai Pj Gubernur Aceh
ADVERTISEMENTS

Kunjungan lapangan itu dilakukan setelah Korea Selatan dan Amerika Serikat berencana menggelar latihan militer tahunan bersandi Ulchi Freedom Shield, akhir bulan ini.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

Kunjungan itu juga dilakukan di tengah spekulasi bahwa Korea Utara mungkin tengah mengupayakan ekspor senjata ke Rusia untuk digunakan dalam perang Rusia-Ukraina.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Tak Ada WNI yang Jadi Korban Gempa di Taiwan dan Jepang

“(Inspeksi Kim kali ini) bertujuan banyak, mulai dari memamerkan pencapaian negara itu dalam sektor pertahanan, merespons latihan militer gabungan Seoul-Washington dan upaya mengekspor senjata,” kata Koo Byoung-sam, juru bicara kementerian tersebut dalam jumpa pers.

ADVERTISEMENTS
Iklan Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Koo mengatakan “sangat disayangkan” Korea Utara terus mengembangkan senjata nuklir, rudal balistik antarbenua (ICBM) dan senjata konvensional dengan mengorbankan rakyat Korea Utara.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Dalam kunjungan tersebut, Kim untuk pertama kalinya mengungkapkan istilah “kerja ekonomi pertahanan nasional”.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

Para pakar menilai Pyongyang mungkin berusaha menambah devisa dan menggenjot perekonomian negara itu yang hampir mati, melalui industri pertahanannya.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

“Tampaknya baru kali ini Korea Utara menggunakan istilah semacam itu. Jika ini artinya ekspor senjata, maka sangat disayangkan Korea Utara terang-terangan melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB (yang melarang program nuklir dan senjatanya),” kata Koo.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024
Berita Lainnya:
Pernyataan Pelapor PBB: Ada Cukup Bukti Israel Lakukan Genosida

Korea Utara sepertinya berusaha memperkuat kerja sama militer dengan Rusia. Kim berkomunikasi dengan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu dan pejabat senior China saat parade militer 27 Juli lalu.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Dia juga mendampingi Shoigu dalam pameran senjata di Pyongyang, selain melancarkan serangan degan menerbangkan drone mata-mata dan meluncurkan ICBM.

ADVERTISEMENTS
Iklan Belasungkawa Adinda Almarhum Yafi Dhia Ulhaq Yuli

Menyangkut aktifnya kembali Pak Jong-chon, pejabat senior Korea Utara yang diberhentikan, pejabat Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengatakan butuh waktu lebih banyak untuk menganalisis peran Pak.

Pak, yang mantan wakil ketua komisi militer pada komite sentral partai berkuasa, tampak ikut serta dalam rombongan inspeksi Kim Jong-un, setelah dia diberhentikan dari jabatannya akhir Desember silam.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi