Rabu, 28/02/2024 - 22:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Dokter Ungkap 9 Life Hacks yang Bikin Hati Lebih Sehat

ADVERTISEMENTS

JAKARTAHati merupakan organ terbesar kedua dalam tubuh yang berfungsi membuang racun dalam tubuh, dan mempertahankan kadar gula darah yang sehat.

ADVERTISEMENTS
Nisfu Sya'ban

Meskipun hati menjalankan ratusan fungsi vital lainnya dalam tubuh, hati dapat terhambat oleh pilihan gaya hidup yang tidak sehat.

ADVERTISEMENTS
Pasar Murah Khusus Pensiunan

Dokter spesialis hematologi dari India, dr Cyriac Abby Philips, membagikan life hacks atau kebiasaan yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan hati.

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

Berikut penjelasan dari dr Philips seperti dilansir India Today, Rabu (30/8/2023):

ADVERTISEMENTS
Hari Pers Nasional

1. Berjalan kaki setiap hari

Berjalan kaki sebanyak 8 ribu sampai 10 ribu langkah sehari bagi anak muda, dan 6 ribu hingga 8 ribu langkah sehari bagi orang tua, diyakini dapat meningkatkan umur panjang dan kesehatan serta mengurangi kematian akibat segala macam penyakit, termasuk kanker.

ADVERTISEMENTS

“Berjalanlah selama minimal 30 menit hingga satu jam dan tidak kurang dari itu. Semakin banyak langkah, semakin baik hasilnya,” kata Philips.

ADVERTISEMENTS
Bayar Tol dengan Pengcard
Berita Lainnya:
Tawuran Marak di Jakarta, Orang Tua Diimbau Awasi Pergaulan Anak
ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

2. Jalan cepat

Berjalan 100 langkah dalam satu menit (jalan cepat) dapat mengurangi lemak hati. Untuk hasil yang optimal, Philips menyarankan jalan cepat selama minimal 150 menit per pekan.

ADVERTISEMENTS
KUR Syariah Bank Aceh

3. Lari

Lari bahkan sekali sepekan dikaitkan dengan peningkatan kesehatan, umur panjang, dan mengurangi risiko kematian akibat penyakit gaya hidup termasuk berbagai jenis kanker. Semakin sering Anda melakukannya, semakin menyehatkan hati.

4. Bermain gim konvensional

Bermain gim konvensional lima hari sepekan setelah bekerja dapat meningkatkan kesadaran, mengurangi kelelahan dan stres setelah bekerja, serta meningkatkan produktivitas.

5. Tidur

Tidur setidaknya 7 jam setiap malam. Jangan tidur lebih dari satu jam di siang hari. Cobalah untuk mengganti kurang tidur selama akhir pekan. Hal ini akan mengurangi kemungkinan terkena perlemakan hati, memperbaiki penyakit perlemakan hati dan mengurangi risiko perkembangan perlemakan hati.

6. Konsumsi kopi

Tiga cangkir kopi hitam tanpa susu atau gula dalam sehari dapat mengurangi risiko perlemakan hati, mengurangi risiko perkembangan perlemakan hati, mengurangi risiko perkembangan perlemakan hati menjadi sirosis, dan menurunkan lemak hati, terutama pada mereka yang menderita diabetes.

Berita Lainnya:
PM Inggris Bersyukur Kanker Raja Charles Terdiagnosis Lebih Dini

7. Stop alkohol

Tidak minum alkohol sama sekali dapat meningkatkan umur panjang, kesehatan, dan produktivitas, serta mengurangi kemungkinan terkena hampir 30 jenis kanker dan beberapa kondisi metabolik lainnya.

8. Jangan ngemil malam hari

Makan malam atau ngemil larut malam dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit metabolik seperti obesitas, kualitas tidur yang buruk, dan durasi tidur yang lebih lama namun tidak efisien. Hindari mengonsumsi makanan setidaknya tiga jam sebelum tidur.

9. Tetap terhidrasi

Kiat gaya hidup lain untuk kesehatan hati adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi. Minum air yang cukup mendukung kesehatan secara keseluruhan, termasuk fungsi hati. Air membantu tubuh Anda membuang racun dan produk limbah.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Apa jurus andalan kamu supaya nggak gampang sakit

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi