Sentimen Antiproduk Jepang Makin Meluas di Cina

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Bendera Jepang dan Cina.

ADVERTISEMENTS

 BEIJING — Kerusakan reputasi produk dan layanan Jepang dikhawatirkan meluas di Cina setelah pembuangan air radioaktif yang diolah dari kompleks pembangkit nuklir Fukushima yang rusak ke lautan. Banyak perjalanan ke Jepang dibatalkan. Selain itu, ada kampanye boikot secara daring yang menargetkan barang-barang seperti kosmetik.

ADVERTISEMENTS

Otoritas Cina tampaknya tidak melakukan apa pun untuk menghentikan seruan daring untuk memboikot produk Jepang dengan latar belakang sentimen anti-Jepang yang meningkat akibat pembuangan limbah ke laut yang dimulai minggu lalu.

Global Times, tabloid yang berafiliasi dengan Partai Komunis Cina berkuasa, menyatakan beberapa agen perjalanan melaporkan pembatalan perjalanan ke Jepang dan beberapa perusahaan berencana mengurangi promosi mereka untuk liburan Hari Nasional mulai akhir September.

Harian tersebut mengatakan, antusiasme wisatawan Cina untuk mengadakan perjalanan ke Jepang selama liburan telah berkurang secara signifikan, mengutip pasangan pengantin baru yang mengganti tujuan bulan madu mereka ke negara lain setelah pelepasan air dimulai.

ADVERTISEMENTS

“Jepang bukan tujuan wisata yang tidak bisa diganti dan tindakannya yang tidak bertanggung jawab tidak dapat diterima,” kata pasangan itu, yang dikutip harian tersebut, meskipun Cina mengatakan sebelumnya awal bulan ini pihaknya akan melanjutkan tur grup ke Jepang setelah jeda lebih dari tiga tahun akibat pandemi Covid-19.

ADVERTISEMENTS

Cina tetap menolak keras pelepasan air Fukushima, menyebutnya ‘terkontaminasi nuklir’, dan memberlakukan larangan total impor hasil laut dari negara tetangganya itu.

Media lokal juga melaporkan kekhawatiran konsumen Cina atas keamanan kosmetik Jepang setelah pelepasan air tersebut. Beijing Business Today menyebutkan banyak konsumen mulai mengembalikan barang kosmetik Jepang yang telah dibeli dan mengunggah di media sosial daftar merek yang harus dihindari.

ADVERTISEMENTS

Harian bisnis itu mengatakan pengguna setia SK-II Cina yang telah menggunakan produk kosmetik merek Jepang itu selama tujuh sampai delapan tahun bertekad mencari penggantinya setelah stok habis karena khawatir atas pelepasan air Fukushima.

ADVERTISEMENTS

 

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
Exit mobile version