Sabtu, 27/07/2024 - 09:15 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Australia dan Selandia Baru Evakuasi Warganya dari Kaledonia Baru

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

KALEDONIA BARU — Australia dan Selandia Baru mengatakan mereka mendapat izin untuk mengirimkan pesawat ke Kaledonia Baru. Pesawat-pesawat itu untuk menjemput wisatawan yang terjebak kerusuhan yang menutup bandara internasional.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Dikutip dari BBC, Selasa (21/5/2024) Australia mengirimkan dua pesawat untuk mengevakuasi sekitar 300 warganya yang mendaftar meminta bantuan di wilayah Prancis itu. Pemerintah Selandia Baru mengatakan penerbangan pertama dari “serangkaian” pesawat juga sudah berangkat untuk membawa 50 orang pulang.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Kerusuhan terjadi pekan lalu setelah anggota parlemen di Paris memutuskan perubahan yang mengizinkan warga Prancis dapat memilih di pemilihan daerah di Kaledonia Baru. Pemimpin-pemimpin pribumi mengatakan, langkah ini akan melemahkan pengaruh politik penduduk asli.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Empat warga sipil, termasuk tiga warga pribumi Kanak serta dua petugas polisi tewas dalam kerusuhan tersebut. Sejauh ini puluhan orang terluka dan lebih dari 200 orang ditangkap.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Australia dan Selandia Baru mengatakan mereka akan memprioritaskan penerbangan bagi warga “yang sangat membutuhkan.” Sementara daftar penumpang akan diorganisir staf-staf konsulat. Menteri Luar Negeri Penny Wong mengatakan wisatawan dari “negara lain” juga akan dibantu.

Berita Lainnya:
Kiper Singapura Donasi ke Muhammadiyah Welfare Home, Ada Hubungan dengan Muhammadiyah RI?
ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Selain penjarahan dan pembakaran, destinasi wisata itu juga mengalami kelangkaan pangan selama lebih dari satu pekan. “Situasi di Kaledonia Baru masih dinamis, dan pemerintah Selandia Baru berkonsulatasi untuk bekerja sama dengan rekan-rekan Prancis dan mitra lain terutama Australia untuk memahami apa yang dibutuhkan untuk memastikan keselamatan warga kami di sana,” kata Menteri Luar Negeri Selandia Baru Winston peters.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Diyakini terdapat 290 orang warga Selandia Baru yang berada di Kaledonia Baru. Seorang wisatawan asal Australia Maxwell Winchester  mengatakan ia dan istrinya Tiffany “sangat gembira” dengan prospek pulang setelah tertahan di pantai dekat Noumea selama lebih dari satu pekan.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

“Kami menyadari, kami mungkin tidak mendapatkan penerbangan itu, karena mereka yang lebih membutuhkan yang akan terbang, tapi setidaknya kami tahu kami dapat keluar dalam beberapa hari kedepan,” katanya.

Berita Lainnya:
Menteri Israel Ben Gvir Kembali Provokasi Penyerbuan Al-Aqsa
ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Komisi Tinggi Prancis di Kaledonia Baru mengatakan petugas keamanan Prancis mencoba mengambil alih jalan sepanjang 60 kilometer antara Noumea dan bandara internasional La Tontouta. Mereka mengatakan petugas sudah “menetralisir” 76 rintangan jalan dan kini sedang membersihkan puing-puing kendaraan yang dibakar.

Pemerintah Australia mengeluarkan peringatkan perjalanan yang meminta warganya tidak mencoba menghampiri bandara sendiri mengingat “rute ini belum dianggap aman.” Pemerintah setempat mengatakan bandara masih ditutup untuk penerbangan komersial. Keputusan kapan dibuka kembali akan diasesmen pada Kamis (23/5/2024) mendatang.

Diperkirakan terdapat 3.200 orang yang ingin keluar atau masuk Kaledonia Baru. Prancis menerbangkan 1.050 polisi tambahan untuk meningkatkan keamanan di wilayahnya itu. Komisi Tinggi Prancis di Kaledonia Baru mengatakan 600 pasukan lain tiba “dalam beberapa jam.”  

Komisi menambahkan, militer dikerahkan untuk melindungi bangunan-bangunan publik. Sebelumnya Presiden Prancis Emmanuel Macron memperingatkan militer akan tetap dikerahkan di Kaledonia Baru “untuk beberapa lama.”

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

نَّحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ نَبَأَهُم بِالْحَقِّ ۚ إِنَّهُمْ فِتْيَةٌ آمَنُوا بِرَبِّهِمْ وَزِدْنَاهُمْ هُدًى الكهف [13] Listen
It is We who relate to you, [O Muhammad], their story in truth. Indeed, they were youths who believed in their Lord, and We increased them in guidance. Al-Kahf ( The Cave ) [13] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi