Minggu, 16/06/2024 - 11:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Australia dan Selandia Baru Evakuasi Warganya dari Kaledonia Baru

KALEDONIA BARU — Australia dan Selandia Baru mengatakan mereka mendapat izin untuk mengirimkan pesawat ke Kaledonia Baru. Pesawat-pesawat itu untuk menjemput wisatawan yang terjebak kerusuhan yang menutup bandara internasional.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dikutip dari BBC, Selasa (21/5/2024) Australia mengirimkan dua pesawat untuk mengevakuasi sekitar 300 warganya yang mendaftar meminta bantuan di wilayah Prancis itu. Pemerintah Selandia Baru mengatakan penerbangan pertama dari “serangkaian” pesawat juga sudah berangkat untuk membawa 50 orang pulang.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Kerusuhan terjadi pekan lalu setelah anggota parlemen di Paris memutuskan perubahan yang mengizinkan warga Prancis dapat memilih di pemilihan daerah di Kaledonia Baru. Pemimpin-pemimpin pribumi mengatakan, langkah ini akan melemahkan pengaruh politik penduduk asli.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Empat warga sipil, termasuk tiga warga pribumi Kanak serta dua petugas polisi tewas dalam kerusuhan tersebut. Sejauh ini puluhan orang terluka dan lebih dari 200 orang ditangkap.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Australia dan Selandia Baru mengatakan mereka akan memprioritaskan penerbangan bagi warga “yang sangat membutuhkan.” Sementara daftar penumpang akan diorganisir staf-staf konsulat. Menteri Luar Negeri Penny Wong mengatakan wisatawan dari “negara lain” juga akan dibantu.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Kisah Jawa dan Islam di Kaledonia Baru yang Bergolak

Selain penjarahan dan pembakaran, destinasi wisata itu juga mengalami kelangkaan pangan selama lebih dari satu pekan. “Situasi di Kaledonia Baru masih dinamis, dan pemerintah Selandia Baru berkonsulatasi untuk bekerja sama dengan rekan-rekan Prancis dan mitra lain terutama Australia untuk memahami apa yang dibutuhkan untuk memastikan keselamatan warga kami di sana,” kata Menteri Luar Negeri Selandia Baru Winston peters.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Diyakini terdapat 290 orang warga Selandia Baru yang berada di Kaledonia Baru. Seorang wisatawan asal Australia Maxwell Winchester  mengatakan ia dan istrinya Tiffany “sangat gembira” dengan prospek pulang setelah tertahan di pantai dekat Noumea selama lebih dari satu pekan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

“Kami menyadari, kami mungkin tidak mendapatkan penerbangan itu, karena mereka yang lebih membutuhkan yang akan terbang, tapi setidaknya kami tahu kami dapat keluar dalam beberapa hari kedepan,” katanya.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024
Berita Lainnya:
Macron akan Berkunjung ke Kaledonia Baru

Komisi Tinggi Prancis di Kaledonia Baru mengatakan petugas keamanan Prancis mencoba mengambil alih jalan sepanjang 60 kilometer antara Noumea dan bandara internasional La Tontouta. Mereka mengatakan petugas sudah “menetralisir” 76 rintangan jalan dan kini sedang membersihkan puing-puing kendaraan yang dibakar.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Pemerintah Australia mengeluarkan peringatkan perjalanan yang meminta warganya tidak mencoba menghampiri bandara sendiri mengingat “rute ini belum dianggap aman.” Pemerintah setempat mengatakan bandara masih ditutup untuk penerbangan komersial. Keputusan kapan dibuka kembali akan diasesmen pada Kamis (23/5/2024) mendatang.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Diperkirakan terdapat 3.200 orang yang ingin keluar atau masuk Kaledonia Baru. Prancis menerbangkan 1.050 polisi tambahan untuk meningkatkan keamanan di wilayahnya itu. Komisi Tinggi Prancis di Kaledonia Baru mengatakan 600 pasukan lain tiba “dalam beberapa jam.”  

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Komisi menambahkan, militer dikerahkan untuk melindungi bangunan-bangunan publik. Sebelumnya Presiden Prancis Emmanuel Macron memperingatkan militer akan tetap dikerahkan di Kaledonia Baru “untuk beberapa lama.”

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

فَعَسَىٰ رَبِّي أَن يُؤْتِيَنِ خَيْرًا مِّن جَنَّتِكَ وَيُرْسِلَ عَلَيْهَا حُسْبَانًا مِّنَ السَّمَاءِ فَتُصْبِحَ صَعِيدًا زَلَقًا الكهف [40] Listen
It may be that my Lord will give me [something] better than your garden and will send upon it a calamity from the sky, and it will become a smooth, dusty ground, Al-Kahf ( The Cave ) [40] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi