Sabtu, 27/07/2024 - 08:15 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Mengenal Jaksa Karim Khan, Pengejar Keadilan untuk Gaza

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

DEN HAAG — Jaksa Mahkamah Pidana Internasional (ICC) Karim Khan mengajukan perintah penangkapan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant dan tiga pejabat Hamas.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Pengacara asal Inggris yang membantu mengakhiri kebijakan Washington menentang ICC membawa kantornya kembali berhadapan dengan Amerika Serikat (AS). Khan ditunjuk sebagai kepala jaksa pengadilan kejahatan perang pada tahun 2021. Beberapa bulan bertugas dalam masa jabatan sembilan tahun di Den Haag, Khan mengubah arah penyelidikan di Afghanistan dari pasukan AS ke Taliban dan milisi ISIS setempat.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Langkah ini memicu kritikan dari organisasi hak asasi manusia. Beberapa menilai sebagai upaya menenangkan AS.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Serangan terhadap ICC dilakukan selama pemerintahan mantan Presiden AS Donald Trump. Tepatnya, ketika AS menjatuhkan sanksi pada anggota pengadilan kejahatan perang itu dan memblokir rekening bank jaksa ICC sebelumnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Hubungan AS dan ICC membaik saat Presiden Joe Biden membatalkan sanksi-sanksi tersebut. Pada Juni tahun lalu, Jaksa Agung AS melakukan kunjungan pertama dalam 22 tahun sejarah ke ICC.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Merrick Garland bertemu Khan dan mendukung penyelidikannya terhadap kejahatan perang Rusia di Ukraina dan perintah penangkapan Presiden Vladimir Putin. Namun hubungan baik dengan AS dapat kembali retak ketika Khan mengumumkan langkah hukumnya dalam perang Israel di Gaza.

Berita Lainnya:
Liga Arab Kompak Boikot Perusahaan Pro-Israel
ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Biden segera mengecam langkah Khan untuk mengajukan perintah surat penangkapan pada pejabat tinggi Israel “keterlaluan.” Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengecam Khan dengan mengatakan jaksa itu dijadwalkan berkunjung ke Israel paling cepat pekan depan untuk membahas kerja sama dengan pengadilan.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Tapi, Khan justru mengumumkan pengajuan perintah penangkapan pejabat Israel di stasiun televisi CNN. “Ini dan kejadian lainnya menimbulkan pertanyaan pada legitimasi dan kredibilitas penyelidikan,” kata Blinken.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Ketua House of Representative AS dari Partai Republik Mike Johnson menyebut keputusan Khan “tanpa dasar dan tidak sah.” Khan yang berusia 54 tahun terkenal sebagai pengacara internasional. Ia orang luar ICC yang ditunjuk untuk jabatan tinggi dalam pemungutan suara setelah terjadi konflik antar negara anggota.

Khan dan kantor kejaksaan ICC diawasi atas penyelidikan mereka terhadap konflik Israel di Gaza. Tekanan politik mendorong pernyataan publik yang jarang terjadi pada Desember lalu.

Saat itu Khan mengatakan semua upaya untuk mengintimidasi, menghalangi dan mempengaruhi ICC harus segera dihentikan. Khan kerap mengunjungi lokasi-lokasi medan pertempuran yang diselidiki ICC.

Khan merupakan jaksa ICC aktif yang mengunjungi medan perang saat ia berkunjung ke Ukraina pada Maret 2021 lalu. Pada Desember lalu Khan juga berkunjung ke Israel dan daerah pendudukan Tepi Barat, kunjungan pertama jaksa ICC ke dua wilayah itu.

Berita Lainnya:
PDIP: Kalau Tak Ada Reformasi, Tidak Ada Anak Tukang Kayu Jadi Presiden

Lulusan King’s College di London ini mengatakan ia mendedikasikan karirnya membela hak-hak anak dan mengejar pelaku kejahatan seksual. Ia mengidentifikasi sebagai jemaat Ahmadiyah dari Pakistan. Dalam beberapa pernyataan ICC ia mengutip al-Quran.

Selama tiga dekade berkarir Khan pernah berperan sebagai jaksa, pembela, dan penasihat korban di berbagai sidang internasional. Khan memulai karirnya di hukum internasional sebagai penasihat hukum bagi kantor jaksa penuntut umum untuk pengadilan kejahatan perang ad hoc PBB untuk bekas negara Yugoslavia dan Rwanda antara 1997 dan 2001.

Ia mulai dikenal saat menjadi ketua pengacara pembela mantan presiden Liberia Charles Taylor yang disidang atas kejahatan perang di Pengadilan Khusus untuk Sierra Leone di Den Haag.

Di hari pembukaan sidang tahun 2007 itu Khan dengan dramatis keluar dari ruang sidang, menentang perintah hakim setelah mengumumkan Charles Taylor memecatnya. Khan kemudian bekerja untuk ICC untuk kasus-kasus di Kenya, Sudan, dan Libya. Sebelum ditunjuk sebagai kepala tim penyidik PBB terhadap kejahatan perang ISIS di Irak, UNITAD pada 2018 lalu.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَلَقَدْ صَرَّفْنَا فِي هَٰذَا الْقُرْآنِ لِلنَّاسِ مِن كُلِّ مَثَلٍ ۚ وَكَانَ الْإِنسَانُ أَكْثَرَ شَيْءٍ جَدَلًا الكهف [54] Listen
And We have certainly diversified in this Qur'an for the people from every [kind of] example; but man has ever been, most of anything, [prone to] dispute. Al-Kahf ( The Cave ) [54] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi