Minggu, 16/06/2024 - 09:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Mengenal Jaksa Karim Khan, Pengejar Keadilan untuk Gaza

DEN HAAG — Jaksa Mahkamah Pidana Internasional (ICC) Karim Khan mengajukan perintah penangkapan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant dan tiga pejabat Hamas.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Pengacara asal Inggris yang membantu mengakhiri kebijakan Washington menentang ICC membawa kantornya kembali berhadapan dengan Amerika Serikat (AS). Khan ditunjuk sebagai kepala jaksa pengadilan kejahatan perang pada tahun 2021. Beberapa bulan bertugas dalam masa jabatan sembilan tahun di Den Haag, Khan mengubah arah penyelidikan di Afghanistan dari pasukan AS ke Taliban dan milisi ISIS setempat.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Langkah ini memicu kritikan dari organisasi hak asasi manusia. Beberapa menilai sebagai upaya menenangkan AS.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Serangan terhadap ICC dilakukan selama pemerintahan mantan Presiden AS Donald Trump. Tepatnya, ketika AS menjatuhkan sanksi pada anggota pengadilan kejahatan perang itu dan memblokir rekening bank jaksa ICC sebelumnya.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Hubungan AS dan ICC membaik saat Presiden Joe Biden membatalkan sanksi-sanksi tersebut. Pada Juni tahun lalu, Jaksa Agung AS melakukan kunjungan pertama dalam 22 tahun sejarah ke ICC.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Merrick Garland bertemu Khan dan mendukung penyelidikannya terhadap kejahatan perang Rusia di Ukraina dan perintah penangkapan Presiden Vladimir Putin. Namun hubungan baik dengan AS dapat kembali retak ketika Khan mengumumkan langkah hukumnya dalam perang Israel di Gaza.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh
Berita Lainnya:
Israel Bunuh 210 Warga Gaza untuk Bebaskan Empat Sandera

Biden segera mengecam langkah Khan untuk mengajukan perintah surat penangkapan pada pejabat tinggi Israel “keterlaluan.” Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengecam Khan dengan mengatakan jaksa itu dijadwalkan berkunjung ke Israel paling cepat pekan depan untuk membahas kerja sama dengan pengadilan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Tapi, Khan justru mengumumkan pengajuan perintah penangkapan pejabat Israel di stasiun televisi CNN. “Ini dan kejadian lainnya menimbulkan pertanyaan pada legitimasi dan kredibilitas penyelidikan,” kata Blinken.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Ketua House of Representative AS dari Partai Republik Mike Johnson menyebut keputusan Khan “tanpa dasar dan tidak sah.” Khan yang berusia 54 tahun terkenal sebagai pengacara internasional. Ia orang luar ICC yang ditunjuk untuk jabatan tinggi dalam pemungutan suara setelah terjadi konflik antar negara anggota.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Khan dan kantor kejaksaan ICC diawasi atas penyelidikan mereka terhadap konflik Israel di Gaza. Tekanan politik mendorong pernyataan publik yang jarang terjadi pada Desember lalu.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Saat itu Khan mengatakan semua upaya untuk mengintimidasi, menghalangi dan mempengaruhi ICC harus segera dihentikan. Khan kerap mengunjungi lokasi-lokasi medan pertempuran yang diselidiki ICC.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Khan merupakan jaksa ICC aktif yang mengunjungi medan perang saat ia berkunjung ke Ukraina pada Maret 2021 lalu. Pada Desember lalu Khan juga berkunjung ke Israel dan daerah pendudukan Tepi Barat, kunjungan pertama jaksa ICC ke dua wilayah itu.

Berita Lainnya:
BREAKING NEWS! Jaksa ICC Ajukan Surat Penangkapan Netanyahu

Lulusan King’s College di London ini mengatakan ia mendedikasikan karirnya membela hak-hak anak dan mengejar pelaku kejahatan seksual. Ia mengidentifikasi sebagai jemaat Ahmadiyah dari Pakistan. Dalam beberapa pernyataan ICC ia mengutip al-Quran.

Selama tiga dekade berkarir Khan pernah berperan sebagai jaksa, pembela, dan penasihat korban di berbagai sidang internasional. Khan memulai karirnya di hukum internasional sebagai penasihat hukum bagi kantor jaksa penuntut umum untuk pengadilan kejahatan perang ad hoc PBB untuk bekas negara Yugoslavia dan Rwanda antara 1997 dan 2001.

Ia mulai dikenal saat menjadi ketua pengacara pembela mantan presiden Liberia Charles Taylor yang disidang atas kejahatan perang di Pengadilan Khusus untuk Sierra Leone di Den Haag.

Di hari pembukaan sidang tahun 2007 itu Khan dengan dramatis keluar dari ruang sidang, menentang perintah hakim setelah mengumumkan Charles Taylor memecatnya. Khan kemudian bekerja untuk ICC untuk kasus-kasus di Kenya, Sudan, dan Libya. Sebelum ditunjuk sebagai kepala tim penyidik PBB terhadap kejahatan perang ISIS di Irak, UNITAD pada 2018 lalu.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

إِنَّا جَعَلْنَا مَا عَلَى الْأَرْضِ زِينَةً لَّهَا لِنَبْلُوَهُمْ أَيُّهُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا الكهف [7] Listen
Indeed, We have made that which is on the earth adornment for it that We may test them [as to] which of them is best in deed. Al-Kahf ( The Cave ) [7] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi