Senin, 17/06/2024 - 07:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Puasa 3 Hari Sama Seperti Puasa Satu Tahun, Kok Bisa? Begini Penjelasannya

JAKARTA — Pada satu bulan penuh terdapat 3 hari utama yang bisa diamalkan oleh umat Muslim untuk beribadah puasa sunnah, yaitu puasa ayyamul bidh. Puasa ayyamul bidh dilakukan pada hari-hari tertentu dalam bulan-bulan Hijriah yaitu tanggal 13, 14, dan 15 dalam setiap bulan kalender Hijriah. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Di sisi lain, puasa ayyamul bidh merupakan sunnah yang dianjurkan, namun tidak wajib. Artinya jika menjalankan puasa ini dapat membawa pahala, tetapi tidak dianggap sebagai kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat Islam. Namun demikian, banyak umat Islam yang memilih untuk melaksanakan puasa ini sebagai bentuk ibadah tambahan dan untuk mendekatkan diri kepada Allah.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Adapun anjuran menunaikan puasa sunnah ayyamul bidh dijelaskan pada hadis dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadanya:

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Pujian Rasulullah untuk Negeri Yaman

يَا أَبَا ذَرٍّ إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah). (HR. Tirmidzi, no. 761 dan An-Nasa’i, no. 2425).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Puasa ayyamul bidh memiliki keistimewaan ataupun keutamaan tersendiri, yaitu setiap umat Muslim yang menunaikan puasa ini dinilai seperti menunaikan puasa satu tahun.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Sebagaimana dijelaskan dalam hadis dari Ibnu Milhan Al-Qoisiy, dari ayahnya, ia berkata:

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَأْمُرُنَا أَنْ نَصُومَ الْبِيضَ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ . وَقَالَ « هُنَّ كَهَيْئَةِ الدَّهْرِ»

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa memerintahkan pada kami untuk berpuasa pada ayyamul bidh yaitu 13, 14 dan 15 (dari bulan Hijriyah).” Dan beliau bersabda, “Puasa ayyamul bidh itu seperti puasa setahun.” (HR. Abu Daud, no. 2449 dan An-Nasa’i, no. 2434). 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK
Berita Lainnya:
Jejak Rasulullah: Ada Masjid Dua Kiblat di Kota Madinah, Menghadap ke Ka'bah dan Palestina

Nabi Muhammad SAW adalah teladan utama bagi umat Islam. Mengikuti sunnah Nabi Muhammad merupakan bentuk penghormatan kepada ajaran Islam secara menyeluruh. Oleh karena itu, bagi setiap umat Muslim yang mengerjakan puasa sunnah ayyamul bidh berarti mengikuti ajaran Nabi Muhammad dan sudah pasti mendapatkan pahala dari Allah SWT.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Selain mendapatkan pahala, ibadah sunnah juga bisa menjadi kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, melengkapi ibadah wajib,, dan membentuk kehidupan spiritual yang seimbang.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

أَفَحَسِبَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَن يَتَّخِذُوا عِبَادِي مِن دُونِي أَوْلِيَاءَ ۚ إِنَّا أَعْتَدْنَا جَهَنَّمَ لِلْكَافِرِينَ نُزُلًا الكهف [102] Listen
Then do those who disbelieve think that they can take My servants instead of Me as allies? Indeed, We have prepared Hell for the disbelievers as a lodging. Al-Kahf ( The Cave ) [102] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi