Jumat, 03/05/2024 - 23:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Luhut dan PM China akan Jajal Kereta Cepat, Kapan Mulai Operasinya?

ADVERTISEMENTS

Petugas berada di dekat rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) di Stasiun KCJB Tegalluar di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (26/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sebelumnya dikabarkan akan diresmikan pada 8 September 2023 dan memulai operasional terbatasnya selama masa pengenalan hingga 1 Oktober 2023. Pada masa pengenalan, PT KCIC berjanji akan menerapkan tarif gratis bagi masyarakat yang ingin menjajal. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Direktur Utama KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih menunggu konfirmasi pemerintah. Namun, pemerintah memang telah menjadwalkan untuk menjajal Kereta Cepat pada 8 September mendatang bersama Perdana Menteri China. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Hindari Kemacetan, Pemudik dari Jakarta ke Bandung Pilih Naik Whoosh
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Rencana tanggal 7 atau 8 September, Perdana Menteri Tiongkok kebetulan berada di ASEAN Meeting. Beliau diundang dan di sela-sela kegiatan mau coba kereta cepat dari Halim ke Karawang bareng Pak Luhut (Menko Marves),” kata Dwiyana di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (4/9/2023). 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Dwiyana mengatakan, hingga saat ini Kereta Cepat masih terus dalam fase uji coba dengan rata-rata 30 perjalanan sehari. Pihaknya ingin memastikan semua sarana prasarana siap, termasuk sertifikasi dari Kementerian Perhubungan. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Nanti kita infokan. Pak Menhub (Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi), Pak Jokowi (Presiden Joko Widodo) sudah instruksikan masyarakat harus coba dulu Kereta Cepat Jakarta-Bandung,” ujar Dwiyana. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
PUPR: World Water Forum Ke-10 Tingkatkan Kapasitas Pengendalian Banjir

Soal tarif, Dwiyana menjelaskan usulan yang disampaikan KCIC masih sama yakni sebesar Rp 250 ribu per kursi. Tarif tersebut tidak disubsidi karena pemerintah juga tidak mengalokasikan anggaran untuk mensubsidi Kereta Cepat. 

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan, Risal Wasal, mengatakan, peresmian operasional komersial Kereta Cepat masih dijadwalkan pada 1 Oktober 2023. Sementara, pada tanggal 8 September masih bersifat uji coba. Ia pun tak memasikan apakah mulai 8 September, Kereta Cepat sudah dapat melayani penumpang atau belum. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi