Kamis, 29/02/2024 - 12:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Tim Kepmas UI Bantu Ekonomi Pesantren Melalui Budi Daya Ikan air Tawar

ADVERTISEMENTS

Tim Kepmas FMIP dan FKM UI membantu pengembangan budi daya ikan air tawar di Pesantren Markaz Maher Qur

ADVERTISEMENTS
Nisfu Sya'ban

JAKARTA — Tim Kepedulian kepada Masyarakat (Kepmas) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia membantu upaya pengembangan ekonomi di Pesantren Markaz Maher Qur’an, Desa Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Sleman, Provinsi DIY.

ADVERTISEMENTS
Pasar Murah Khusus Pensiunan

Tim yang terdiri atas sembilan mahasiswi serta didampingi Dr. Retno Lestari, M.Si. dan Drs. Erwin Nurdin, M.Si. mengadakan kegiatan pembudidayaan ikan air tawar menggunakan metode kolam deras pada Sabtu, 19 Agustus 2023 lalu. Kegiatan ini dilaksanakan melalui kerja sama dengan Yayasan Pandu Cendekia dan didukung oleh Direktorat Kemahasiswaan Universitas Indonesia (Dirmawa UI).

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj
Berita Lainnya:
KM ITB: 206 Mahasiswa Terancam tak Bisa Kuliah karena tidak Bisa Bayar UKT

Lingkungan di sekitar Pesantren Markaz Maher Qur’an pun memiliki potensi yang dapat dimanfaatkan menjadi usaha budi daya yang dapat meningkatkan perekonomian pesantren maupun desa. Sungai dengan air bersih mengalir dan beberapa kolam terbengkalai di sekitar pesantren dapat diaktifkan kembali menjadi kolam budi daya ikan air tawar.

ADVERTISEMENTS
Hari Pers Nasional

Kegiatan Tim Kepmas UI diawali edukasi kepada para santri dan santriwati mengenai konsep teknik budi daya ikan dengan metode kolam air deras. Pengetahuan tersebut diharapkan dapat diaplikasikan para santri di kemudian hari.

ADVERTISEMENTS

Tim mahasiswa dan para santri bersama tim Yayasan Pandu Cendekia serta didampingi oleh Drs. Erwin Nurdin, M.Si. melakukan peninjauan langsung ke salah satu kolam terbengkalai yang dipilih untuk dimanfaatkan kembali. Dalam kegiatan lapangan tersebut, para santri diajak untuk mengulang sekilas materi yang dipelajari berdasarkan keadaan di lapangan hingga praktik menguji kualitas air kolam.

ADVERTISEMENTS
Bayar Tol dengan Pengcard
Berita Lainnya:
Terus Berupaya Tingkatan Kualitas Kampus, SPMI Cyber University Lakukan Evaluasi Kinerja
ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

“Kegiatan ini bermanfaat karena dapat meningkatkan keterampilan para santri,” ungkap Pimpinan Pesantren Markaz Maher Qur’an, Ustadz Iwan, sebagaimana disampaikan melalui keterangan tulis Tim Kepmas FMIPA dan FKM UI, Rabu (6/9/2023).

ADVERTISEMENTS
KUR Syariah Bank Aceh

Tim Kepmas UI menyerahkan perangkat uji kualitas air, benih ikan, dan pakan ikan kepada pihak Pesantren Markaz Maher Qur’an. 

“Harapan kami untuk kegiatan ini adalah semoga dapat berkelanjutan sehingga dapat menghasilkan laba,” ujar Ustadz Iwan pada akhir kegiatan.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Apa jurus andalan kamu supaya nggak gampang sakit

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi