Rabu, 28/02/2024 - 23:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Mohon Kerja Samanya, Jangan Lakukan 2 Hal Ini demi Cegah Kebakaran

ADVERTISEMENTS

Kebakaran lahan kerap terjadi saat musim kemarau. (ilustrasi)

ADVERTISEMENTS
Nisfu Sya'ban

 CIANJUR — Bupati Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, meminta warga di seluruh wilayah menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan tempat tinggal masing-masing, terutama dari kebakaran lahan akibat musim kemarau yang sejak satu bulan terakhir mencapai 26 kejadian.

ADVERTISEMENTS
Pasar Murah Khusus Pensiunan

“Saya meminta warga tidak membakar sampah dan membuang puntung rokok sembarangan karena dari puluhan titik kebakaran lahan akibat kedua hal tersebut,” katanya di Cianjur, Ahad (10/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

Bupati Cianjur menjelaskan, selama musim kemarau sumber air untuk memadamkan api sulit didapat, sehingga warga harus saling mengingatkan sebagai upaya antisipasi terjadinya kebakaran lahan dan perkampungan akibat kelalaian termasuk kebakaran akibat arus pendek listrik. “Ini merupakan tugas bersama semua kalangan agar tidak terjadi kebakaran lahan karena api akan cepat menjalar terutama di lahan kering dan sulit dipadamkan karena sumber air sulit didapat pada saat kemarau,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Hari Pers Nasional
Berita Lainnya:
Pernyataan Connie Bakrie Bikin Masyarakat Antipati Terhadap Akademisi

Sementara Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat selama bulan Agustus 2023 terjadi 38 peristiwa kebakaran, 26 diantaranya kebakaran lahan yang disebabkan puntung rokok dan pembakaran sampah sembarangan.

ADVERTISEMENTS

Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Cianjur, Hendra Wira Riharja, mengatakan selama musim kemarau wilayah yang rawan terjadi kebakaran lahan terdapat di wilayah timur dan selatan Cianjur yang sudah dapat ditangani. “Dua titik kebakaran lahan berhasil ditangani terjadi di Kecamatan Bojongpicung dan Tanggeung yang terjadi nyaris bersamaan, setelah empat unit mobil damkar di turunkan ke lokasi,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Bayar Tol dengan Pengcard
Berita Lainnya:
Stok Pupuk Urea Bersubsidi Capai 170.189 Ton, Pusri Pastikan Petani Tak akan Kekurangan
ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

Selama musim kemarau yang melanda sebagian besar wilayah Cianjur, pihaknya menyiagakan 10 unit mobil damkar di enam markas komando mulai dari wilayah utara hingga selatan, sebagai upaya penanganan cepat ketika terjadi kebakaran lahan atau perumahan.

ADVERTISEMENTS
KUR Syariah Bank Aceh

Pihaknya juga menggencarkan sosialisasi melalui aparat kecamatan dan desa untuk meminta warga tidak membakar sampah dan membuang puntung rokok sembarangan karena dapat memicu terjadinya kebakaran lahan, serta melakukan antisipasi kebakaran perumahan.

“Sedangkan hari ini, Ahad (10/9) dua unit mobil pemadam kebakaran baru tuntas menangani kebakaran pabrik diduga akibat puntung rokok yang sempat berkecamuk sampai menjelang siang. Kami minta warga selalu waspada dan ekstra hati-hati,” katanya.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Apa jurus andalan kamu supaya nggak gampang sakit

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi