Sabtu, 25/05/2024 - 11:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

GADGETTEKNOLOGI

Cegah Penipuan, Begini Penampilan Boks Apple iPhone 15

 JAKARTA— Ada yang baru dari boks Apple iPhone 15 tahun ini. Dalam upaya untuk mengalahkan penipu, boks iPhone 15 Apple menampilkan ikon-ikon kecil yang tak terlihat secara kasat mata. 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Dilansir Evening Standard, Sabtu (23/9/2023), label holografik mini hanya terlihat di bawah sinar ultraviolet. Dengan ponsel pintar baru yang kini tersedia untuk dibeli, orang-orang mulai membagikan video stempel tersebut secara daring. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Sepasang stiker tersebut dapat dilihat di bagian belakang boks iPhone 15 dalam klip yang diposting di Twitter oleh peneliti teknologi dan pencipta Majin Bu. Video tersebut menunjukkan seseorang menggunakan senter sinar UV untuk mengungkapkan watermark dan kode QR yang membantu memverifikasi keasliannya. 

“Boks iPhone 15 baru dilengkapi dengan sistem keamanan yang menampilkan hologram di bawah sinar UV. Ini adalah tindakan yang dilakukan Apple untuk mengenali boks asli dan mencegah orang ditipu,” tulis Majin Bu di X (sebelumnya Twitter). 

Fitur keamanan baru ini merupakan bagian dari perjuangan berkelanjutan Apple melawan produk palsu. Di masa lalu, penjahat tertangkap menjual iPhone palsu dan aksesoris bernilai jutaan di Inggris Raya (UK) dan Amerika Serikat (AS). 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
IPhone 16 Diperkirakan Rilis September, Berapa Perkiraan Harganya?

Bahkan Apple pun menjadi korban penipuan. Tahun lalu, penegak hukum AS menjatuhkan hukuman 26 bulan penjara kepada seorang warga negara Cina karena menipu Apple agar mengganti iPhone palsu dengan yang asli melalui skema garansinya. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Untuk menekan barang palsu, Apple sebelumnya telah merilis peringatan iPhone untuk AirPods yang cerdik dan mengeluarkan artikel dukungan tentang cara mengidentifikasi headphone Beats tiruan. 

Kini mereka melakukan perlawanan terhadap penjual iPhone palsu dengan stempel keamanan tersembunyinya. Tentu saja, ada kemungkinan penipu akan mencoba menyalin label agar palsunya terlihat lebih asli. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Namun, mereplikasinya mungkin tidak semudah membuat tag serupa. Pertama, mereka berisi kode QR yang perlu diautentikasi oleh suatu sistem. Hologram juga menampilkan pola yang sangat rumit dan sangat kecil sehingga sulit untuk ditiru.

Berita Lainnya:
Android 15 Hadirkan Fitur yang Bisa Mempersulit Pencuri Ponsel Mengakses Data

 

Cara mengidentifikasi ponsel pintar palsu

Jika Anda membeli iPhone langsung dari Apple, Anda dapat yakin bahwa ini adalah iPhone asli. Tetapi, jika Anda membeli perangkat bekas atau rekondisi, ada beberapa pemeriksaan yang dapat Anda lakukan untuk memastikan apakah perangkat tersebut sah. 

Sebelum membeli, pastikan meneliti ponsel secara menyeluruh secara daring dengan menonton beberapa ulasan video. Kemudian, saat melihatnya secara langsung, Anda dapat mengetahui apakah desain eksterior dan perangkat lunaknya cocok. Jangan lupa untuk mengujinya terlebih dahulu. 

Pembeli juga bisa memastikan apakah ponsel masuk daftar hitam atau dicuri dengan melakukan referensi silang nomor serinya. Nomor ini secara resmi dikenal sebagai nomor identifikasi Peralatan Seluler Internasional (IMEI), dan dapat ditemukan di bagian tentang pada menu pengaturan ponsel atau dengan mengetik *#06# di dialer ponsel. Masukkan nomor ini di situs imei,info. Itu akan menampilkan status ponsel.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi