Sabtu, 02/03/2024 - 09:36 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Pengamat Sebut Mahfud Bisa Perkuat Citra Integritas Ganjar Pranowo

Menko Polhukam Mahfud MD.

ADVERTISEMENTS
Nisfu Sya'ban

JAKARTA–Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saidiman Ahmad, menilai sosok Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD bisa memberikan dampak elektoral bagi Ganjar Pranowo. Menurutnya, Mahfud bisa mendongkrak elektabilitas bakal calon presiden dari PDIP Ganjar Pranowo bila dipasangkan di Pilpres 2024.

ADVERTISEMENTS
Pasar Murah Khusus Pensiunan

Saidiman menilai kualitas personal Menko Polhukam itu bisa memperkuat pencitraan atau branding Ganjar melalui rekam jejaknya yang dinilai bersih dan berani selama ini.

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

“Branding integritas ini penting, karena salah satu kualitas personal yang dianggap paling penting oleh masyarakat untuk seorang pemimpin nasional adalah integritas,” kata Saidiman dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Ahad (24/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Hari Pers Nasional
Berita Lainnya:
PPP Terancam tak ke Senayan, Mardiono: Perhitungan Belum Selesai

Menurut dia, di antara sejumlah tokoh Nahdlatul Ulama (NU) saat ini, Mahfud MD merupakan salah satu tokoh yang paling populer dan mendapatkan penerimaan publik cukup baik. “Nama-nama lain yang selama ini juga potensial mulai tereliminasi berdasarkan signal dari elite PDI Perjuangan,” tambah Saidiman.

ADVERTISEMENTS

Dia menjelaskan penentuan bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk Ganjar perlu dilihat dari aspek sejarah. Misalnya PDI Perjuangan yang cenderung mengambil tokoh NU sebagai bakal calon orang kedua di pilpres.

ADVERTISEMENTS
Bayar Tol dengan Pengcard
ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

“Misalnya, di Pemilu 2019, KH Ma’ruf Amin akhirnya dipilih menjadi cawapres Jokowi,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
KUR Syariah Bank Aceh
Berita Lainnya:
GMNI: Istana Harus Refleksi, Bukan Menuduh Civitas Akademika

Selain itu, PDI Perjuangan sudah memiliki “tiket” sendiri untuk mengajukan bakal calon, sehingga sebenarnya tak begitu memerlukan dukungan partai politik lain untuk mengusung bakal cawapres sendiri. Kondisi tersebut membuat PDI Perjuangan lebih leluasa dalam menentukan calon dari luar partai politik.

Saidiman menilai sosok tokoh dari luar partai politik yang cukup kompetitif untuk menjadi bakal cawapres adalah Mahfud MD. Dari aspek sosiologi, dia menilai sosok Mahfud MD bisa memperkuat dukungan terhadap Ganjar Pranowo di wilayah asal Mahfud MD, yakni Jawa Timur.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Apa jurus andalan kamu supaya nggak gampang sakit

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi