Jumat, 03/05/2024 - 20:50 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Palestina Sambut Kedatangan Dubes Baru Arab Saudi

ADVERTISEMENTS

Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Palestina dan Yordania Nayef al-Sudairi telah menerbitkan foto peresmian konsulat jenderal Saudi di Yerusalem Timur pada 1947.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

RAMALLAH – Sekretaris Jenderal Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Hussein al-Sheikh menerima kedatangan duta besar (dubes) baru Arab Saudi untuk Palestina dan konsul di Yerusalem, Nayef al-Sudairi, Senin (25/9/2023). Itu menjadi kunjungan perdana pejabat Saudi ke Palestina sejak pendudukan Israel tahun 1967.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Kami menyambut Yang Mulia Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Negara Palestina, yang akan menyerahkan surat kepercayaan resminya kepada Yang Mulia Presiden Mahmoud Abbas dalam beberapa hari,” tulis Hussein al-Sheikh lewat akun X (Twitter)-nya, dikutip laman kantor berita Palestina, WAFA.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Pada Agustus lalu, Saudi menunjuk al-Sudairi menjadi dubes non-residen negara tersebut untuk Palestina. Selain dubes, dia ditugaskan mengisi posisi sebagai konsul jenderal di Yerusalem. Saat ini al-Sudairi juga diketahui menjabat sebagai dubes Saudi untuk Yordania.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Rencana Pembunuhan Anak Pemimpin Hamas tak Dilaporkan ke Netanyahu, IDF Blunder Lagi?

Keputusan Saudi menunjuk dubes nonresiden untuk Palestina segera dikritik Israel. Tel Aviv kemudian menyatakan menolak memberikan izin kepada Riyadh mendirikan gedung konsulat di Yerusalem. “Ini bisa jadi delegasi yang akan bertemu dengan perwakilan di Otoritas Palestina. Apakah akan ada pejabat yang duduk secara fisik di Yerusalem? Ini tidak akan kami izinkan,” kata Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen dalam sebuah wawancara dengan stasiun radio Tel Aviv 103 FM, 13 Agustus 2023 lalu.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Saudi tidak memberi tanggapan resmi atas komentar Cohen. Namun merespons penolakan Israel, al-Sudairi sempat mengunggah foto peresmian konsulat jenderal Saudi di Yerusalem Timur pada 1947 lewat akun X-nya. “Di bawah arahan almarhum Yang Mulia Raja Abdulaziz Bin Abdul-Rahman pada tahun 1947, Paman Abdulaziz Bin Ahmed Al-Sudairi mensponsori pembukaan Konsulat Jenderal Saudi di Yerusalem, lingkungan Sheikh Jarrah,” tulis al-Sudairi saat mengunggah foto peresmian Konsulat Jenderal Saudi di Yerusalem tahun 1947, dikutip Middle East Monitor, 15 Agustus 2023 lalu.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Dokumen Kesepakatan: Israel Mundur dari Permukiman Padat Penduduk

Di foto yang diunggah al-Sudairi tampak sejumlah diplomat Saudi serta tanda bertuliskan “Konsulat Jenderal” dalam bahasa Arab dan Inggris bersama dengan lambang Kerajaan Arab Saudi di pintu masuk gedung. Sejumlah konsulat jenderal yang diakreditasi oleh Otoritas Palestina diketahui berlokasi di Yerusalem Timur termasuk dari Turki, Prancis, Yunani, Swedia, Vatikan, Italia, Spanyol, dan Belgia.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Isu normalisasi Saudi-Israel

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi