Sabtu, 27/07/2024 - 08:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Batalyon ‘Orang Gila’ dalam Pasukan Ottoman, Hadapi Musuh dengan Tamparan

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Pada perang zaman dulu, pertempuran terjadi dengan menggunakan pedang atau senjata kuno lainnya. Namun bagaimana jika seorang prajurit kehilangan senjata dalam pertempuran? Bagaimana dia bertahan?

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Ternyata tentara Ottoman menemukan senjata yang efektif dalam kondisi itu, yakni dengan menampar. Cara unik ini kemudian melekat dengan pasukan Ottoman hingga disebutlah ‘Tamparan Ottoman’.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Prajurit yang kehilangan pedang dalam sebuah pertempuran, membela diri dengan cara menampar musuh. Dan menariknya, tamparan tersebut dapat menyebabkan kematian musuh kala itu. Tamparan ini bukanlah tamparan biasa, sebab ada teknik khususnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Ini dimulai pada akhir abad ke-13 Masehi. Ketika Kesultanan Turki Utsmani didirikan oleh Osman Ghazi (Osman bin Ertugrul) di akhir abad ke-13 Masehi, ada berbagai ekspedisi militer yang dilakukan. Salah satu contohnya ialah kemenangan Ottoman pada tahun 1301 dalam pertempuran di Bapheus, sebuah distrik sekitar Ismit atau Nikomedia, sekitar 100 kilometer arah tenggara Konstantinopel.

Berita Lainnya:
Ada Sekelompok Umat Muhammad yang akan Terus Berjuang Hingga Kiamat, Siapa Dia?
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Keberhasilan Osman Ghazi merupakan petanda awal datangnya masalah besar bagi kedaulatan Bizantium di kemudian hari. Saat itu, pasukan Muslim berhasil merebut benteng-benteng Romawi Timur dalam sebuan pada malam hari. Selain Kota Bilecik, Ottoman juga dapat menduduki Indegol, Yenisehir, Anagourdia, dan Platanea.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Berdasarkan keterangannya, dapat dipastikan bahwa hingga 1308, Ottoman di bawah kepemimpinan Osman Ghazi menguasai wilayah dekat pesisir timur Laut Marmara, berbatasan hingga Bursa, Iznik (Nicaea), dan Danau Sapanca. Penentu keberhasilan ini adalah strategi militer yang jitu. Salah satunya adalah dengan memberdayakan kalangan petani yang masih bujang.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Pada awal kepemimpinan Osman Ghazi, pasukan negara modern Turki Utsmani sebagian besar terdiri dari sukarelawan. Sebelum Orhan Ghazi (Orhan bin Osman/putra Osman Ghazi) membentuk pasukan Janissari, sudah ada ratusan pejuang yang berbondong-bondong datang ke wilayah Kesultanan Utsmani.

Berita Lainnya:
Pendidikan Seks Islami, Seperti Apa?
ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024
ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Puluhan batalyon dan divisi militer dibentuk. Salah satu divisi militer yang legendaris adalah “Divisi Azab”, yang mendahului berdirinya tentara Janissari. Divisi Azab berperan sebagai Batalyon Al-Aqnji. Batalyon ini dijuluki Katibah Al Majanin, yang artinya Batalyon Orang-Orang Gila.

Divisi Azab Ottoman mengacu pada batalyon yang dibentuk dari para petani yang belum menikah. Pada awal berdirinya, kesukarelaan untuk mengabdi di Divisi itu hanya terbatas pada Ottoman di Anatolia. Setelah itu, barulah dibuka kesempatan pada abad ke-16 Masehi bagi seluruh bujangan di provinsi Ottoman untuk menjadi sukarelawan di kelompok bujangan.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُم بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ ۖ وَلَا تَعْدُ عَيْنَاكَ عَنْهُمْ تُرِيدُ زِينَةَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَلَا تُطِعْ مَنْ أَغْفَلْنَا قَلْبَهُ عَن ذِكْرِنَا وَاتَّبَعَ هَوَاهُ وَكَانَ أَمْرُهُ فُرُطًا الكهف [28] Listen
And keep yourself patient [by being] with those who call upon their Lord in the morning and the evening, seeking His countenance. And let not your eyes pass beyond them, desiring adornments of the worldly life, and do not obey one whose heart We have made heedless of Our remembrance and who follows his desire and whose affair is ever [in] neglect. Al-Kahf ( The Cave ) [28] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi