Senin, 27/05/2024 - 22:39 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Cuaca Panas Masih Berlangsung Sepanjang Oktober, Apa Saja Penyakit yang Mengintai?

Warga beraktivitas saat cuaca terik di Jakarta. Ada beberapa ancaman penyakit yang menghantui kala cuaca panas. (ilustrasi)

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

JAKARTA — Cuaca panas terik menyelimuti Indonesia beberapa bulan terakhir. Bahkan panas ekstrem ini diprediksi akan terus berlangsung sepanjang Oktober 2023.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Cuaca panas yang saat ini terjadi, tidak hanya membuat aktivitas masyarakat menjadi terganggu, namun juga menyebabkan terjadinya berbagai potensi penyakit yang dapat menyerang masyarakat. Apa saja potensi yang riskan terjadi saat cuaca panas? Berikut ulasannya seperti dilansir dari situs resmi Kementerian Kesehatan:

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

1. Dehidrasi, heatstroke, dan iritasi kulit yang ditandai dengan kelelahan, kulit kering serta warna air kencing yang keruh.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan
Berita Lainnya:
BMKG Prediksi Cuaca DKI Jakarta Cerah pada Selasa Pagi

2. Sakit kepala sebelah (migrain) akibat terpapar panas matahari ataupun terpapar polusi yang berlebihan.

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

3. Panas dalam akibat kondisi cuaca yang panas dan diperparah dengan asupan makanan yang kurang tepat, seperti gorengan atau makanan pedas.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

4. Demam tinggi akibat paparan sinar matahari, sehingga menyebabkan suhu tubuh meningkat. Apabila tidak mendapatkan penanganan, akan berbahaya dan merusak otak serta organ-organ vital di dalam tubuh kita.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS

Masyarakat diimbau melakukan berbagai pencegahan agar terhindar dari risiko kesehatan tersebut. Adapun persiapan yang bisa dilakukan oleh masyarakat dalam menghadapi cuaca panas seperti saat ini adalah dengan rutin minum air putih dan tidak menunggu haus, menggunakan sunscreen minimal SPF 30, hingga meminimalisasi kegiatan seperti olahraga dan bermain di luar ruangan.

Berita Lainnya:
Gelombang Panas Diduga Sebabkan Dua Orang Warga India Meninggal Dunia  

Dengan mengetahui beberapa penyakit yang mungkin terjadi akibat cuaca yang panas seperti saat ini, diharapkan bisa membuat publik jauh lebih waspada dan melakukan persiapan dalam menghadapi cuaca panas. Kurangi juga aktivitas di luar ruangan dan segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit akibat cuaca panas, agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi