Selasa, 21/05/2024 - 14:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Israel Minta Rusia Lindungi Warga Negaranya dan Orang Yahudi

Aparat penegak hukum berpatroli di area luar bandara di Makhachkala, Dagestan, Rusia, pada 30 Oktober 2023.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 MAKHACHKALA — Ratusan orang pada Ahad (29/10/2023) menyerbu Bandara Makhachkala di wilayah Dagestan, Rusia. Mereka memprotes kedatangan maskapai dari Ibu Kota Israel, Tel Aviv. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Massa tersebut masuk ke lapangan terbang dan mencari penumpang Yahudi. Beberapa dari mereka menginterogasi teknisi pesawat.

Pada hari yang sama dengan terjadinya kerusuhan di bandara, media pemerintah Rusia melaporkan bahwa sebuah pusat Yahudi di wilayah Kaukasus Utara lainnya, di Kabardino-Balkaria, dibakar. Pegunungan Kaukasus Utara telah memiliki komunitas Yahudi selama berabad-abad. 

Berita Lainnya:
Palang Merah Buka Rumah Sakit Berkapasitas 60 Tempat Tidur di Gaza

Sehari setelah kerusuhan, AFP melihat sebuah mobil polisi dengan beberapa petugas di luar sinagog Makhachkala. Kekerasan tersebut mendorong Israel untuk meminta Rusia melindungi warga negaranya dan orang Yahudi.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Di luar sinagog di Moskow, orang-orang terguncang namun tidak terkejut dengan kejadian tersebut, mengingat meningkatnya ketegangan global terkait konflik antara Israel dan Hamas.“Peristiwa politik tidak boleh membakar rumah kita bersama,” kata Ariel Razbegayev, direktur Sinagog Paduan Suara Moskow, kepada AFP.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sementara itu, Pemimpin Ortodoks Rusia, Patriark Kirill, mengutuk kekerasan tersebut sebagai upaya untuk “menaburkan perselisihan” antara umat Yahudi dan Muslim di Rusia. “Saya yakin pihak-pihak yang memprovokasi insiden ini tidak akan berhenti menyebabkan kekacauan di negara kita,” kata ulama berpengaruh dan sekutu Kremlin itu.

Berita Lainnya:
Mesir: Israel Bertanggung Jawab Penuh Atas Bencana Kemanusiaan di Gaza

Pasukan keamanan Rusia telah menahan lebih dari 80 orang sejak insiden kerusuhan di Bandara Makhachkala. Bandara dibuka kembali pada hari Senin (30/10/2023), namun pihak berwenang melaporkan beberapa kerusakan dan sebuah maskapai penerbangan mengatakan penerbangannya ke Israel dalam beberapa hari mendatang dibatalkan.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

 

sumber : AFP

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi