Sabtu, 27/07/2024 - 08:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Kata Istri Nabi Muhammad yang Keturunan Yahudi tentang Interaksi dengan Pengiman Taurat

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Nabi Muhammad dikenal sebagai teladan yang penuh inspirasi. Meski berbeda keyakinan, Nabi Muhammad tetap mengapresiasi penganut keyakinan lain, seperti orang Yahudi.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Sejarawan mencatat relasi yang berlangsung antara Nabi Muhammad SAW dan orang-orang Yahudi di Madinah selama dua tahun pertama sejak awal hijrah, yakni sebelum Perang Badar terjadi. Perang Badar sendiri terjadi pada tahun 624 Masehi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Dalam buku “Nabi Muhammad & Yahudi Madinah” terbitan alvabet, dosen sejarah dan peradaban Islam di Fakultas Adab Universitas al-Malik as-Sa’ud Riyadh, Muhammad bin Faris al-Jamil menjelaskan, Rasulullah sampai di Quba’ di pinggiran kota Yatsrib (Madinah) pada Rabiul Awal tahun pertama Hijrah yang bertepatan dengan 622 M.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Berdasarkan beberapa riwayat, menurut Faris, kontak pertama antara Nabi Muhammad dan orang-orang Yahudi terjadi sebelum beliau berangkat ke Madinah, tepatnya di Quba’.

Berita Lainnya:
Keutamaan yang Luar Biasa Buat Orang yang Mengunjungi Orang Sakit
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Dari Abdullah bin Abu Bakar bin Hazm; Ibnu Ishaq meriwayatkan kesaksian Shafiyah binti Huyay bin Akhthab (Istri Nabi dari keturunan Yahudi) mengenai kontak pertama antara Nabi dengan orang-orang Yahudi. Shafiyah mengungkapkan:

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

“Ketika Rasulullah datang ke Madinah, beliau singgah di Quba’ di tempat Bani Amr bin Auf. Ayahku, Huyay bin Akhthab dan pamanku, Abu Yasir bin Akhtab, mendatanginya pagi-pagi dengan mengenakan selimut penutup dan baru kembali saat matahari terbenam. Mereka pulang dalam keadaan lelah, lesu, dan lemas. Mereka berjalan gontai. Aku menyambut keduanya dengan ceria seperti biasa tetapi, demi Allah, tak satupun dari mereka menoleh kepadaku. Keduanya terlihat menanggung kesusahan. Lalu kudengar pamanku bertanya kepada ayahku:

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

“Apakah benar dia orangnya?” Ayahku menjawab, “Iya, demi Tuhan”.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024
ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

“Apakah kamu mengenalnya,” pamanku kembali bertanya. “Iya,” jawab ayahku.

Berita Lainnya:
Yang Dilakukan Nabi Muhammad Kepada Pemakinya Hingga Buat itu Orang Syahadat

“Lalu bagaimana sikapmu?” Tanya paman lagi.

Ayah pun menjawab, “Demi Tuhan, aku akan memusuhinya selama masih hidup.”,”

Di antara yang memperkuat riwayat Shafiyah mengenai permusuhan ayahnya terhadap Nabi Muhammad adalah laporan Urwah bin az-Zubair, bahwa orang Yahudi pertama yang mendatangi Rasulullah adalah Abu Yasir bin Akhthab.

Setelah pulang, Urwah mendengarnya berseru kepada kaumnya, “Percayalah kepadaku, inilah nabi yang kita tunggu-tunggu.” Namun saudaranya, Huyay inilah yang disegani kaumnya. Dia dikuasai setan, sehingga alih-alih mengindahkan seruan Abu Yasir, mereka malah mengikuti perkataan Huyay.”

Namun, terlepas dari perbedaan berbagai riwayat tentang orang Yahudi pertama yang mendatangi Rasulullah, apakah Abu Yasir bin Akhthab atau saudaranya, Huyay, isi perjumpaan itu dan akibat yang ditimbulkannya tidak berbeda, yakni pada akhirnya mereka tidak mengakui kenabian Muhammad, mendustakan, dan memusuhinya.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

مَّا أَشْهَدتُّهُمْ خَلْقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلَا خَلْقَ أَنفُسِهِمْ وَمَا كُنتُ مُتَّخِذَ الْمُضِلِّينَ عَضُدًا الكهف [51] Listen
I did not make them witness to the creation of the heavens and the earth or to the creation of themselves, and I would not have taken the misguiders as assistants. Al-Kahf ( The Cave ) [51] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi