Sabtu, 27/07/2024 - 12:39 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Isolasi Pasien Positif Cacar Monyet Sebaiknya di Rumah atau Rawat Inap? Ini Aturannya

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Seseorang yang dinyatakan positif mengidap cacar monyet perlu melakukan isolasi supaya tidak menularkannya kepada orang lain. Bagaimana aturan isolasi pasien cacar monyet, yang juga dikenal sebagai penyakit monkeypox atau mpox tersebut?

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

“Dokter yang akan menentukan, boleh melakukan isolasi sendiri di rumah atau diharuskan rawat inap. Sebab, infeksi bisa terjadi dalam derajat ringan, sedang, dan berat,” kata Ketua Satgas MPox Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Hanny Nilasari, Selasa (7/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Informasi tersebut disampaikan Hanny pada “Media Briefing: Update MPox PB IDI”, Selasa (7/11/2023). Menurut Hanny, dokter juga akan menilai apakah kondisi rumah pasien memungkinkan untuk isolasi mandiri, supaya tak menularkan penyakit ke anggota keluarga lain di rumah. 

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Termasuk, apakah pasien bisa melakukan isolasi mandiri dengan suplai makanan dan gizi terjamin serta ada penggunaan kamar tidur serta kamar mandi terpisah dari anggota keluarga lain. Sementara, untuk pasien yang juga mengidap penyakit lain seperti HIV, harus dirawat di rumah sakit.

Berita Lainnya:
Masuk Usia 40 Tahun? Waspadai Ablasio Retina
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Cacar monyet memiliki sejumlah gejala khas, termasuk ruam kulit, pembengkakan kelenjar getah bening, meriang atau demam, nyeri otot, dan pendarahan di area rektum. Dalam beberapa kasus, gejala ruam atau lesi tidak didahului dengan demam.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Seseorang perlu segera memeriksakan diri jika mengalami gejala-gejala yang mengarah pada cacar monyet. Hanny yang merupakan dokter spesialis dermatologi dan venereologi mengatakan bahwa secara teori, inkubasi virus cacar monyet bisa berlangsung antara enam hingga 21 hari.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Pada kasus terduga mpox, perlu dilakukan skrining atau pemeriksaan awal berupa wawancara tentang perkembangan penyakit. Lantas, dilakukan pemeriksaan lesi kulit dan organ-organ secara detail dan lengkap, serta pemeriksaan swab, yakni pemeriksaan laboratorium khusus dengan mengambil cairan dari lenting/keropeng/kelainan kulit.

Berita Lainnya:
Studi: Sauna Bantu Cegah Kenaikan Berat Selama Menopause
ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024
ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Tidak semua lesi kulit adalah gejala mpox, namun seseorang perlu mencurigai jika lesi atau ruam muncul secara tidak biasa. Misalnya, bukan alergi, inflamasi, atau dermatitis. Terlebih, bagi pengidap HIV, kelompok LSL (lelaki melakukan kontak seksual dengan lelaki), serta pasien imunokompromais.

“Harus datang ke dokter untuk diidentifikasi dahulu lesinya,” ucap Hanny.

Sementara itu, bagi kelompok rentan yang mengidap imunokompromais (kondisi ketika sistem kekebalan tidak berjalan dengan baik), dilakukan perawatan khsusus. Dokter akan mengawasi secara ketat, serta mempertimbangkan pasien untuk mendapat pengobatan antivirus sesuai kondisi.

 

 

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

فَوَجَدَا عَبْدًا مِّنْ عِبَادِنَا آتَيْنَاهُ رَحْمَةً مِّنْ عِندِنَا وَعَلَّمْنَاهُ مِن لَّدُنَّا عِلْمًا الكهف [65] Listen
And they found a servant from among Our servants to whom we had given mercy from us and had taught him from Us a [certain] knowledge. Al-Kahf ( The Cave ) [65] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi