Rabu, 17/04/2024 - 09:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Divestasi Saham Vale 14 Persen, Menteri ESDM Pastikan Rampung Tahun Ini

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan besaran jumlah divestasi saham dari PT Vale Indonesia Tbk (INCO) ke pemerintah Indonesia sebesar 14 persen. Ia mentargetkan transaksi bisa selesai pada tahun ini.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Sudah diputuskan. Yang dilepas oleh Vale sebesar 14 persen. Jadi dalam hal ini MIND ID akan memegang saham 34 persen dan itu lebih mayoritas dari yang lain,” kata Arifin di Kementerian ESDM, Jumat (10/11/2023).

ADVERTISEMENTS

Arifin menjelaskan setelah kesepakatan besaran lepasan saham tersebut, saat ini pemerintah memberikan kewenangan kepada MIND ID dan Vale untuk bernegosiasi harga per lembar saham tersebut. 

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

Nah, ini mereka tinggal diskusi nilainya dan gimana transaksinya. Tapi yang pasti harus ada special price buat kita,” ujar Arifin.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah

Selain besaran saham, Arifin mengatakan MIND ID sebagai pemegang saham mayoritas akan mendapatkan kursi Direktur Utama ada Komisaris Utama dalam manajemen direksi Vale.

“Prinsipnya, Dirut dan Komut akan diisi oleh pemegang saham terbesar,” tegas Arifin.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
DPR Peringatkan Triple Shock Jika Harga Minyak Dunia Naik

Arifin juga memastikan bahwa dari sisi operasional Vale tetap memegang posisi. Manajemen Vale tetap mendapatkan posi untuk menjalankan operasional, seperti halnya PT Freeport Indonesia yang tetap mengendalikan operasi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

Hanya saja, kebijakan dan rencana aksi perusahaan tidak bisa diputuskan oleh Direktur Operasional. Kata dia, perlu ada kesepakatan dan persetujuan dari jajaran komisaris. 

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

“Kalau seperti Freeport kan operasionalnya. Ini ada kemajuan, jadi secara manajemen nanti tetap keputusannya dewan komisaris dong. Komisarisnya tadi siapa? MIND ID,” kata Arifin.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

Arifin memastikan proses divestasi saham ini akan berlangsung secara baik dan memberikan manfaat bagi negara.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

PT Vale Indonesia Tbk sebagai salah satu perusahaan yang memegang hak konsesi nikel terbesar di Indonesia berkewajiban melakukan divestasi sahamnya ke pemerintah Indonesia, sebagai syarat pemenuhan UU Minerba Nomor 4 Tahun 2009.

Indonesia memegang kepemilikan saham di PT Vale Indonesia, Tbk sebesar 40,46 persen. Saham itu terdiri dari 20,46 persen saham melalui Bursa Efek Indonesia sejak 1999 dan 20 persen melalui MIND ID mulai tahun 2020 melalui pengalihan saham milik Vale Canada Limited dan Sumitomo Metal Mining Co Ltd.

Berita Lainnya:
Mendag: Pemeriksaan Barang Bawaan di Bandara Hal yang Wajar

Namun, sisa dari 11 persen kewajiban Vale tersebut tak lantas membuat pemerintah Indonesia menjadi mayoritas dalam porsi kepemilikan saham. Sebab, saham yang berada di BEI bukan bentuk penguasaan negara terhadap Vale.

Adapun, berdasarkan laporan bulanan registrasi pemegang efek per Juni 2023, komposisi pemegang saham PT Vale Indonesia sendiri terdiri dari Vale Canada Limited 43,79 persen, MIND ID 20 persen, Sumitomo Metal Mining Co. Ltd. 15,03 persen, serta masyarakat atau publik 21,18 persen, yang terdiri dari pemodal asing 59,47 persen dan pemodal nasional 40,53 persen.

 

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi