Selasa, 21/05/2024 - 06:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

KH Abdul Chalim Jadi Pahlawan Nasional, Keluarga: Beliau Komandan Peristiwa 10 November

 JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh, salah satunya  almarhum KH Abdul Chalim dari Jawa Barat. KH Asep Saifuddin Chalim (68 tahun), putra KH Abdul Chalim, pun menyampaikan apresiasinya kepada Presiden Jokowi atas pemberian gelar tersebut.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Terima kasih kepada negara terutama kepada Presiden Jokowi karena beliau yang menandatangani. Kenapa harus berterima kasih dengan demikian semoga bangsa Indonesia ke depan menjadi bangsa yang besar karena sebagaimana yang kita pahami bersama-sama bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang pandai menghargai jasa para pahlawan,” ujar Kiai Asep di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (10/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Dia berharap, teladan KH Abdul Chalim bisa dilanjutkan keluarganya dengan menjadi pahlawan tanpa tanda jasa ke depannya. Kiai Asep menjelaskan, dalam berbagai kajian ilmiah, KH Abdul Chalim merupakan seorang komandan dalam peristiwa 10 November 1945. Selain itu, KH Abdul Chalim juga merupakan tokoh moderasi.

Berita Lainnya:
Kecelakaan Bus Pariwisata di Ciater Bikin DPR Geram, Minta Kemenhub Beri Sanksi Tegas: Banyak Sekali Pelanggaran yang Dilakukan

“Di mana pada tahun 1925 beliau menyampaikan kata pengantar pada buku yang ditulis Kiai Haji Umar Said Tjokroaminoto. Dalam kata pengantar itu beliau mengatakan saya diperintahkan oleh Allah untuk senantiasa memiliki sikap moderasi menghargai pada siapa pun berkomunikasi dengan baik dengan siapa pun, sama seperti halnya kami diperintahkan salat dengan tujuh anggota (tubuh) kening tangan lutut dan kaki,” ungkap Kiai Asep.

Selain itu, juga disebutkan, saat mendirikan Nahdlatul Ulama, KH Abdul Chalim berperan sebagai komunikator dengan para ulama lainnya. KH Abdul Chalim juga merupakan penggagas pertemuan para ulama untuk kemerdekaan Indonesia. Tak hanya itu, almarhum juga merupakan tokoh pendidikan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Perlahan, Listrik di Lokasi Terkena Banjir Sidrap Sudah Pulih

“Di mana pada tahun 1932 kemudian berlanjut sampai 1938 melakukan pertemuan-pertemuan pendidikan yang secara tidak disengaja saya menjadi pelanjutnya dan belum mengetahui secara detail ketika menjadi pelanjutnya yaitu saya menjadi ketua Pergunu,” ujar Kiai Asep.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi