Selasa, 21/05/2024 - 12:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Poltracking: Elektabilitas Prabowo Konsisten Alami Tren Kenaikan

JAKARTA — Capres Prabowo Subianto terbukti sebagai pemimpin pilihan masyarakat Indonesia di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Pasalnya, berdasarkan hasil survei Poltracking Indonesia periode 28 Oktober-3 November 2023, elektabilitas Prabowo konsisten mengalami kenaikan.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Tren terbaru elektabilitas tiga capres menunjukkan Prabowo Subianto cenderung mengalami kenaikan,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda dalam paparan bertajuk ‘Peta Politik Elektoral Pilpres 2024 Pasca Pendaftaran Resmi Pasangan Capres-Cawapres’ secara daring di Jakarta pada Jumat (10/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Survei Poltracking menggunakan metode wawancara tatap muka langsung dengan responden terpilih pada 28 Oktober-3 November 2023. Selain itu, survei ini menggunakan metode multistage random sampling dan melibatkan 1.220 responden dengan margin of error 2,9 persen serta tingkat kepercayaan di angka 95 persen.

Berita Lainnya:
BI Catat Kenaikan Signifikan Jumlah UMKM di Solo, Tembus 13.200 UMKM

Tren elektabilitas Prabowo terus menunjukkan peningkatan jika dilihat dari survei Poltracking Indonesia sejak Juli 2023. Kala itu, Prabowo berhasil menduduki peringkat pertama mengungguli capres PDIP Ganjar Pranowo dan capres Koalisi Perubahan Anies Rasyid Baswedan.

Tren kenaikan Prabowo sudah terlihat dari beberapa bulan menjelang pendaftaran resmi capres-cawapres. Pada Juli 2023, elektabilitas Prabowo berada di angka 37,5 persen. Sementara Ganjar meraih 35,9 persen dan Anies di angka 15,3 persen.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Kemudian, pada September 2023, elektabilitas Prabowo menguat di angka 38,9 persen. Disusul Ganjar dengan 37,0 persen dan Anies yang masih berada di peringkat ketiga dengan 19,9 persen.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Pada survei terbaru November 2023, elektabilitas Prabowo terus meroket ke 41,7 persen disusul Ganjar yang turun ke angka 31,0 persen dan Anies meraih 25,7 persen. Di saat Prabowo dan Anies naik, Ganjar malah turun.

Berita Lainnya:
Asri Damuna Ketar-ketir Videonya Viral Ajak Youtuber Korea ke Hotel, Sampai Minta Tolong ke Jiah

“Sementara itu, tren elektabilitas Ganjar Pranowo cenderung fluktuatif dengan kenaikan di bulan Juli 2023, lalu mengalami penurunan di bulan November 2023. Sedangkan Anies Baswedan juga cenderung fluktuatif, mengalami penurunan di Juli 2023, lalu mengalami kenaikan sejak deklarasi capres-cawapres pada awal September 2023,” ujar Hanta.

ADVERTISEMENTS

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi