Selasa, 25/06/2024 - 08:22 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Sering Nongol di Layar, Public Figure Ini Ternyata Keturunan Pahlawan

JAKARTA — Tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan di Indonesia. Terdapat sejarah panjang dan berdarah-darah yang ada di balik peringatan tersebut, berkaitan dengan peristiwa pertempuran di Surabaya pada 10 November 1945.

Pada tanggal tersebut, terjadi pertempuran besar antara Indonesia dan pasukan Inggris alias sekutu. Pasukan sekutu bertujuan melucuti senjata tentara Jepang setelah Perang Dunia II berakhir, yang dilawan habis-habisan oleh para pejuang Tanah Air.

Akibat insiden itu, Kota Surabaya hingga kini dikenal sebagai kota pahlawan. Sebagai warga negara, sudah sepatutnya jika setiap tahun masyarakat Indonesia mengenang jasa-jasa para pahlawan. 

Deretan pahlawan itu terus dikenal dan dikenang. Sementara, ada dari keturunan atau kerabatnya yang terjun ke seni peran atau industri musik. Berikut beberapa selebritas Indonesia yang merupakan keturunan pahlawan:

Berita Lainnya:
Film Harta Tahta Raisa Soroti Sosok-Sosok Penting di Balik Kesuksesan Raisa

1. Nia Dinata

 

Sutradara Nia Dinata merupakan cucu dari pahlawan nasional Otto Iskandardinata yang dikenal karena berbagai pergerakan di masa prakemerdekaan dan pascakemerdekaan. Otto Iskandardinata juga dikenal sengat berani mengecam pemerintah kolonial Belanda.

2. Maia Estianty

 

Sosok pahlawan HOS Tjokroaminoto, salah satu pemimpin Sarekat Dagang Islam sekaligus pelopor pergerakan Indonesia, adalah kakek buyut musisi Maia Estianty. Garis silsilah itu membuat ketiga anak Maia, yakni Al, El, Dul, yang juga aktif di industri hiburan, juga termasuk keturunan sosok pahlawan.

3. Asri Welas

 

Aktris dan komedian Asri Welas adalah keturunan ketujuh dari Pangeran Diponegoro. Sosok pahlawan nasional yang memiliki nama asli Raden Mas Antawirya itu berjasa dalam melawan penjajahan Hindia Belanda, memimpin Perang Diponegoro atau Perang Jawa selama periode 1825 hingga 1830.

Berita Lainnya:
Kecanduan Internet Berisiko Pengaruhi Intelektual dan Kesehatan Mental Remaja

4. Karina Salim

 

Jika silsilah keluarganya dirunut, Karina Salim masih merupakan keturunan dari pejuang kemerdekaan Indonesia yang ditetapkan sebagai salah satu pahlawan nasional, Agus Salim. Aktris yang membintang film Salawaku tersebut baru mengetahuinya saat duduk di bangku sekolah dasar.

5. Dian Sastrowardoyo

 

Pemeran Jeng Yah di serial “Gadis Kretek” ini merupakan cucu dari tokoh pejuang Sunario Sastrowardoyo. Profesor Sunario adalah sosok yang berjasa di masa pergerakan kemerdekaan Indonesia, juga pernah menjabat sebagai pengurus Perhimpunan Indonesia di Belanda.

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

وَأُحِيطَ بِثَمَرِهِ فَأَصْبَحَ يُقَلِّبُ كَفَّيْهِ عَلَىٰ مَا أَنفَقَ فِيهَا وَهِيَ خَاوِيَةٌ عَلَىٰ عُرُوشِهَا وَيَقُولُ يَا لَيْتَنِي لَمْ أُشْرِكْ بِرَبِّي أَحَدًا الكهف [42] Listen
And his fruits were encompassed [by ruin], so he began to turn his hands about [in dismay] over what he had spent on it, while it had collapsed upon its trellises, and said, "Oh, I wish I had not associated with my Lord anyone." Al-Kahf ( The Cave ) [42] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi