Selasa, 30/04/2024 - 08:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Sering Nongol di Layar, Public Figure Ini Ternyata Keturunan Pahlawan

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan di Indonesia. Terdapat sejarah panjang dan berdarah-darah yang ada di balik peringatan tersebut, berkaitan dengan peristiwa pertempuran di Surabaya pada 10 November 1945.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Pada tanggal tersebut, terjadi pertempuran besar antara Indonesia dan pasukan Inggris alias sekutu. Pasukan sekutu bertujuan melucuti senjata tentara Jepang setelah Perang Dunia II berakhir, yang dilawan habis-habisan oleh para pejuang Tanah Air.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Akibat insiden itu, Kota Surabaya hingga kini dikenal sebagai kota pahlawan. Sebagai warga negara, sudah sepatutnya jika setiap tahun masyarakat Indonesia mengenang jasa-jasa para pahlawan. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Deretan pahlawan itu terus dikenal dan dikenang. Sementara, ada dari keturunan atau kerabatnya yang terjun ke seni peran atau industri musik. Berikut beberapa selebritas Indonesia yang merupakan keturunan pahlawan:

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Puisi V BTS Bikin IU Terpukau dan Membuatnya Melakukan Interaksi Menggemaskan Ini

1. Nia Dinata

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Sutradara Nia Dinata merupakan cucu dari pahlawan nasional Otto Iskandardinata yang dikenal karena berbagai pergerakan di masa prakemerdekaan dan pascakemerdekaan. Otto Iskandardinata juga dikenal sengat berani mengecam pemerintah kolonial Belanda.

2. Maia Estianty

 

Sosok pahlawan HOS Tjokroaminoto, salah satu pemimpin Sarekat Dagang Islam sekaligus pelopor pergerakan Indonesia, adalah kakek buyut musisi Maia Estianty. Garis silsilah itu membuat ketiga anak Maia, yakni Al, El, Dul, yang juga aktif di industri hiburan, juga termasuk keturunan sosok pahlawan.

3. Asri Welas

 

Aktris dan komedian Asri Welas adalah keturunan ketujuh dari Pangeran Diponegoro. Sosok pahlawan nasional yang memiliki nama asli Raden Mas Antawirya itu berjasa dalam melawan penjajahan Hindia Belanda, memimpin Perang Diponegoro atau Perang Jawa selama periode 1825 hingga 1830.

Berita Lainnya:
Shareefa Daanish Merasa Nyaman dengan Yoga

4. Karina Salim

 

Jika silsilah keluarganya dirunut, Karina Salim masih merupakan keturunan dari pejuang kemerdekaan Indonesia yang ditetapkan sebagai salah satu pahlawan nasional, Agus Salim. Aktris yang membintang film Salawaku tersebut baru mengetahuinya saat duduk di bangku sekolah dasar.

5. Dian Sastrowardoyo

 

Pemeran Jeng Yah di serial “Gadis Kretek” ini merupakan cucu dari tokoh pejuang Sunario Sastrowardoyo. Profesor Sunario adalah sosok yang berjasa di masa pergerakan kemerdekaan Indonesia, juga pernah menjabat sebagai pengurus Perhimpunan Indonesia di Belanda.

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi