Rabu, 28/02/2024 - 23:07 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

Ini Jurus Pertamina Jaga Keamanan Energi Nasional

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Direktur Utama & CEO PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menyampaikan upaya yang perlu dilakukan dalam menjaga keamanan energi nasional.

ADVERTISEMENTS
Nisfu Sya'ban

Nicke, dalam keterangannya di Jakarta, Senin (13/11/2023), menyebutkan, beberapa tantangan yang dihadapi Indonesia dalam mencapai keamanan energi, seperti ketergantungan pada bahan bakar fosil, penurunan produksi minyak, dan peningkatan terus menerus dalam permintaan energi nasional.

ADVERTISEMENTS
Pasar Murah Khusus Pensiunan

Keamanan energi merupakan prioritas utama bagi Indonesia. “Oleh karena itu kita perlu mengurangi ketergantungan pada impor dengan mendiversifikasi energi, mengoptimalkan sumber daya energi lokal sambil memperluas akses ke sumber energi yang lebih bersih,” ujar Nicke.

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

Indonesia, menurut Nicke, adalah jalur strategis untuk rantai pasokan global dalam transisi energi karena kaya akan sumber energi terbarukan dan bahan-bahan penting yang dibutuhkan untuk transisi energi, seperti nikel, bauksit, tembaga.

ADVERTISEMENTS
Hari Pers Nasional
Berita Lainnya:
Masuk Bulan Pencoblosan Pilpres, Ini Dia Update Harga BBM Pertamina

Selain itu, Indonesia juga memiliki potensi untuk energi baru dan terbarukan (EBT), solusi berbasis alam (NBS), dan carbon capture utilization and storage (CCUS).

ADVERTISEMENTS

Dalam memanfaatkan potensi penting Indonesia, terang Nicke, Pertamina memainkan tiga peran penting dalam membentuk lanskap energi. Pertama, memastikan ketahanan energi Indonesia dengan meningkatkan kapasitas pasokan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

ADVERTISEMENTS
Bayar Tol dengan Pengcard
ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

Kedua, memobilisasi sumber daya domestik untuk mengurangi defisit perdagangan minyak dan gas dengan meningkatkan penggunaan sumber energi domestik. Ketiga, melakukan dekarbonisasi, efisiensi energi, dan transisi energi, dengan target Emisi Net Zero (NZE).

ADVERTISEMENTS
KUR Syariah Bank Aceh

Namun, Nicke mencatat bahwa Indonesia masih menghadapi hambatan dalam mempercepat transisi energi, seperti akses ke pembiayaan yang kompetitif, kemajuan teknologi, pendanaan tahap awal, dan peningkatan kemampuan sumber daya manusia.

Berita Lainnya:
Avtur Bukan Penybab Utama Tiket Pesawat Mahal

“Oleh karena itu, untuk benar-benar berhasil dalam transisi energi ini, kita menyadari pentingnya dukungan yang tepat dan dorongan melalui kemitraan strategis. Saya percaya bahwa bisnis berkelanjutan dibangun melalui kekuatan kolaborasi dan kemitraan,” ucap Nicke.

Diketahui, Pertamina menjalin kemitraan strategis dengan perusahaan energi dari Tiongkok yaitu Sinopec di mana salah satu cakupan kerja sama keduanya adalah mengeksplorasi potensi dalam pengembangan EBT seperti energi panas bumi, hidrogen, dan tenaga surya.

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Apa jurus andalan kamu supaya nggak gampang sakit

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi