Minggu, 25/02/2024 - 22:42 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

4 Fakta Eufrat yang Disebut Rasulullah SAW Sungai Surga dan Tanda Kiamat

ADVERTISEMENT

 JAKARTA— Sungai Eufrat yang mengalir dari timur laut Turki dan melewati Irak ini merupakan salah satu sungai yang istimewa dalam peradaban Islam,

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

Republika.co.id menjabarkan beberapa fakta terkait Sungai Eufrat yang oleh Rasulullah SAW disebut sebagai sungai surga. Berikut ini jabarannya:      

ADVERTISEMENT
Hari Pers Nasional

1. Rasulullah SAW menyebutnya sebagai sungai surga.

ADVERTISEMENT

عن أبي هريرة قال رسول الله سَيْحَان وَجَيْحَان وَالْفُرَات وَالنِّيل كُلّ مِنْ أَنْهَار الْجَنَّة

ADVERTISEMENT
KUR Syariah Bank Aceh

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Seihan, Jeihan, Nil, dan Eufrat, semuanya adalah sungai-sungai surga.” (HR Muslim). Pada kesempatan lain, kembali Rasulullah SAW bersabda tentang sungai ini. 

ADVERTISEMENT
Bayar Tol dengan Pengcard

عن أبي هريرة رضي الله عنه مرفوعاً: «لا تقوم الساعة حتى يحسر الفرات عن جبل من ذهب يُقْتَتَلُ عليه، فَيُقْتَلُ من كل مائة تسعة وتسعون، فيقول كل رجل منهم: لعلي أن أكون أنا أنجو

ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Hari kiamat tak akan terjadi sebelum Sungai Eufrat mengering dan menyingkapkan gunung emas sehingga manusia saling membunuh (berperang) untuk mendapatkannya. Maka terbunuhlah 99 dari 100 orang yang berperang dan setiap orang dari mereka berkata, ‘Semoga akulah satu-satunya orang yang selamat.’’(HR Muslim).

2. Eufrat atau dalam bahasa Arab, al-Furat, memiliki arti air paling segar. Menurut Dr Syauqi Abu Khalil dalam buku Atlas Hadits dijelaskan, Eufrat adalah sungai yang mengalir dari timur laut Turki. Sungai itu membelah pegunungan Toros, kemudian melewati Suriah di Kota Jarablus, melewati Irak di Kota al- Bukmal, lalu bertemu dengan Sungai Tigris di al-Qurnah.

Berita Lainnya:
Waktu Aqiqah dan Apakah Seluruh Dagingnya Wajib Disedekahkan?

3. Seperti banyak sungai besar lainnya, Eufrat pun memiliki beberapa anak sungai, yakni al-Balikh dan al-Khabur. Namun, kini kedua anak sungai ini telah kering. “Panjang Sungai Eufrat adalah 2.375 km,” kata Syauki, yang juga penulis buku best seller, Atlas Alquran. Sementara itu, dalam wikipediadisebutkan, Eufrat adalah sungai besar yang bersama-sama dengan Sungai Tigris menjadi ciri khas Mesopotamia. Sungai Eufrat bermata air di Anatolia, Turki, dan bermuara di Teluk Persia.

4. Sejak berabad-abad silam, Sungai Eufrat menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat yang hidup di sekitarnya. Pada sekitar abad ke-4 SM, sungai ini mendorong munculnya peradaban Sumeria. 

a. Bangsa Sumeria merupakan penguasa pertama daerah Mesopotamia. Adapun hasil kebudayaan bangsa Sumeria, di antaranya, mengenal bentuk tulisan yang disebut huruf paku, menggunakan batu bata sebagai bahan ba ngunan untuk membuat tembok rumah, mengetahui penanggalan (satu tahun terdiri atas 12 bulan = 350 hari, satu hari terdiri atas 24 jam, satu jam sama dengan 60 menit, satu menit sama dengan 60 detik), mengetahui suatu lingkaran sama dengan 360 derajat. Dalam bidang sastra, bangsa Sumeria menghasilkan wiracarita atau kisah kepahlawanan, yaitu Gilgames.

b. Selain kebudayaan Sumeria, Eufrat juga mendorong muncul dan berkembangnya kota-kota kuno penting lainnya yang bertebaran di lembah sungai ini, seperti kota kuno Mari, Sippar, Nippur, Shuruppak, Uru, dan Eridu.  

c. Mesopotamia, sebuah kawasan yang kini menjadi Republik Irak, dalam bahasa Yunani berarti daerah di antara dua sungai. Dua sungai yang dimaksud tentulah Sungai Eufrat dan Tigris. Nama Meso potamia sudah digunakan oleh para penu lis Yunani dan Latin kuno, seperti Polybius (abad 2 SM) dan Strabo (60 SM-20 M).

Berita Lainnya:
Sejarah Ibadah Penting yang Terjadi di Bulan Sya'ban, Apa Itu?

Mesopotamia merupakan daerah yang bermedan keras. Mesopotamia kuno sering mengalami banjir, namun juga kekeringan. Tanahnya juga mudah berubah dari tanah gurun ke tanah berlumpur. Walau begitu, Mesopotamia menjanjikan kehidupan yang baik kepada penduduk sekitarnya, terutama di Mesopotamia selatan, tempat di mana air Sungai Eufrat disalurkan ke kanal-kanal.

Dari situlah tercipta daerah pertanian yang sangat subur. Dari daerah pertanian ini, tumbuh daerah-daerah perdagangan yang sangat penting. Para ahli arkeologi berpendapat, pada zaman Neolitikum (sekitar 7000 SM) telah ada usaha pertanian dan peternakan di daerah sebelah utara Tigris.

Baca juga: Zionis Israel akan Hancur Binasa 3 Tahun Lagi? Prediksi Syekh Ahmad Yasin Kembali Viral

Dalam sejarahnya, banyak terjadi pergantian kekuasaan di Mesopotamia. Penguasa paling awal adalah bangsa Sumeria. Kemudian, sekitar 3.300 SM datang bangsa Akadia ke daerah ini dan bermukim bersama-sama dengan bangsa Sumeria di Mesopotamia selatan. Pada sekitar 2000 SM datang bangsa Amori ke daerah ini. Mereka membentuk daerah-daerah kekuasaan baru.

Di daerah selatan, mereka membangun Babilonia dan di daerah utara mereka membangun Asyur dan Niniwe. Bangsa Babilonia dan bangsa Asyur merupakan bangsa-bangsa yang terkuat di Mesopotamia dan kedua bangsa inilah yang memiliki peranan penting dalam sejarah Israel.  

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

sumber : Harian Republika

x
ADVERTISEMENT
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi