Selasa, 21/05/2024 - 23:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

GADGETTEKNOLOGI

Seri 15 Ramai Dikeluhkan, Begini Spesifikasi Tahan Panas iPhone 16

 JAKARTA—IPhone Apple berikutnya akan menyertakan dua pembaruan hardware (perangkat keras) untuk menghindari panas berlebih yang melanda iPhone 15 Pro terbaru. Namun, iPhone terbaru ini tetap mempertahankan desain yang ramping.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Menurut informasi yang beredar, bagian pertama dari solusi baru Apple adalah heat sink graphene, lapisan tipis bahan yang sangat konduktif dan rekayasa nano yang dirancang untuk menyerap panas dan memindahkannya dari perangkat.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Bagian kedua dari peningkatan ini adalah wadah baterai logam baru di dalam ponsel, yang akan membantu mengeluarkan panas dari baterai dan membawanya ke unit pendingin.

Panas berlebih telah melanda model terbaru Apple, dengan banyak laporan pengguna yang mengklaim iPhone 15 Pro mencapai suhu lebih dari 100 derajat Fahrenheit hanya setelah beberapa menit digunakan.

Sementara Apple berusaha memperbaiki masalah ini dengan pembaruan perangkat lunak sederhana, iOS 17.0.3, beberapa demonstrasi awal menunjukkan suhu iPhone 15 naik ke suhu yang lebih tinggi daripada sebelum pembaruan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Seorang kolektor prototipe Apple, produk uji validasi desain, dan perangkat keras praproduksi langka lainnya, yang menggunakan akun @KosutamiSan di X, membocorkan detail perbaikan perangkat keras baru pada hari Rabu. “Apple secara aktif mengerjakan sistem termal graphene pada iPhone 16 Series,” ujar Kosutami  memposting di X  seperti dilansir laman Daily Mail, Sabtu (18/11/2023). “Untuk mengatasi masalah pemanasan yang ada sebelumnya. Baterai seri [Apple 16] Pro,” ujar pembocor tersebut.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Infinix Luncurkan Ponsel Gaming GT 20 Pro 5G pada 21 Mei 2024

Ia akan berubah menjadi cangkang logam karena alasan yang sama. Graphene, kisi atom karbon berskala nano, kadang-kadang dengan unsur lain ditambahkan atau ‘didoping’ di dalamnya, dalam beberapa kasus telah terbukti menghantarkan listrik (dan juga panas) sebanyak 70 persen lebih tinggi daripada logam tembaga.

Lapisan tipis graphene yang dirancang dengan baik dapat menarik panas dari komponen internal iPhone dan keluar ke udara terbuka tanpa suara bising atau kipas baru.

ADVERTISEMENTS

Casing baterai logam yang diusulkan mungkin juga akan membantu proses ini, karena logam juga merupakan konduktor panas dan listrik yang sangat baik, menjadikannya lapisan perantara yang baik untuk desain unit pendingin baru. 

ADVERTISEMENTS

Menurut Apple Insider, Kosutami memiliki rekam jejak yang beragam dengan prediksi. Kolektor prototipe Apple berada di depan dengan bocoran tentang komponen USB-C yang disertakan dengan iPhone 15 tetapi juga mengeluarkan beberapa cerita yang terbukti tidak benar seperti klaim bahwa iPhone 15 Pro akan memiliki kabel Thunderbolt.

Ketika pengguna di X bertanya dari mana asal bukti kebocoran heatsink graphene baru ini, Kosutami menjawab, “Prototipe yang saya miliki.”

Apple merilis upaya perbaikan perangkat lunak untuk panas berlebih pada iOS 17.0.3 awal Oktober lalu. 

Adarsh Kumar, anggota National Indian untuk negara bagian Karnataka, mengatakan pada saat itu bahwa iPhone 15 Pro miliknya masih mengalami masalah terlalu panas.

Berita Lainnya:
Aplikasi Ini Maksimalkan Potensi Fiksi dan Minat Baca di Indonesia

Namun, seperti yang ia ceritakan, ponsel cerdasnya hanya akan menjadi terlalu panas saat diisi dayanya dengan MagSafe, bahkan saat dibiarkan tidak digunakan. “Permukaan titanium membuat ponsel sulit dipegang saat panas,” kata Kumar. Bahkan, panas berlebih tidak hanya terjadi di bagian belakang saja.

DailyMail.com juga berbicara dengan pengguna X ‘Maxwell’ yang mengonfirmasi iPhone 15 Pro Max miliknya masih terlalu panas setelah pembaruan perangkat lunak.

Maxwell membagikan tangkapan layar ponsel cerdasnya yang menampilkan ‘Charging on Hold notification.’ “Pengisian daya akan dilanjutkan ketika iPhone kembali ke suhu normal,” bunyi notifikasi tersebut.

Dia juga menceritakan bahwa speaker audio ponselnya akan berderak dan perangkat Apple ‘prosumer’ kelas atas tidak dapat menahan tetesan kecil pun.

Pemilik iPhone 15 Pro lainnya menyampaikan rasa frustrasi mereka di Forum MacRumors di mana banyak juga yang menyebutkan masalah saat menggunakan pengisi daya MagSafe.

“Saya sudah memiliki ponsel 15 Pro (512GB) sejak hari peluncuran dan mengisi dayanya setiap malam dengan pengisi daya Belkin 3 in 1 MagSafe, saya telah menggunakan pengisi daya ini selama tiga tahun tanpa masalah,” tulis pengguna TotalMacMove. Akan tetapi, “Saya bangun kemarin pagi dengan kondisi ponsel saya 68 persen, dan beberapa peringatan mengatakan pengisian daya telah dihentikan karena suhu dan ponsel sangat panas.”

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi