Kamis, 16/05/2024 - 02:22 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

5 Panduan Islam Terkait Hubungan Kerja Antara Karyawan dan Majikan

JAKARTA – Islam juga memberikan tuntunan bagaiman hubungan antara karyawan/buruh dengan majikannya, baik perorangan atau lembaga. Nabi Muhammad ﷺ juga telah berpesan agar segera memberikan hak gaji pada karyawan jika pekerjaannya telah selesai. 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Antara pengusaha dan karyawan memiliki ikatan yang saling membutuhkan. Atasan atau pengusaha perlu memperlakukan dengan baik bawahan yang mereka pekerjakan, dan hal ini lah yang telah disyariatkan dalam islam.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Melansir laman About Islam, mengenai perlakuan terhadap pekerja terdapat ajaran umum dan khusus dalam Islam. Lima poin berikut harus ditekankan:

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

1. Perjanjian yang jelas dan tepat

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Semua perjanjian, baik lisan maupun tertulis, harus jelas dan transparan. Perjanjian tersebut harus adil dan sah. Karyawan harus mengetahui tugas dan tanggung jawab serta mereka harus diberitahu hak-haknya dalam hal liburan, cuti, kompensasi, dan lainnya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Alquran: 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَوْفُوْا بِالْعُقُوْدِۗ  “Wahai orang-orang yang beriman! Penuhilah janji-janji.” (QS Al-Ma’idah ayat 1) 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

الْمُسْلِمُوْنَ عَلَى شُُرُوْطِهِمْ إِلاَّ شَرْطًا حَرَّمَ حَلاَلاً أَوْ أَحَلَّ حَرَامًا “Semua kaum muslimin harus sesuai dengan kesepakatan mereka, kecuali kesepakatan yang mengharamkan yang halal atau menghalalkan yang haram.” (At-Tirmidzi) 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Mengapa Sholat dan Zakat Hukumnya Wajib dalam Islam?

Artinya, syarat dan ketentuan ilegal tidak sah menurut hukum Islam. Merupakan kewajiban baik pengusaha maupun pekerja untuk memenuhi perjanjian mereka sesuai dengan kemampuan mereka.

ADVERTISEMENTS

2. Diperlakukan dengan Bermartabat dan Terhormat  

ADVERTISEMENTS

Hukum Islam memberikan hak kepada semua manusia untuk menjalankan profesi atau pekerjaan sah dan melakukan perdagangan atau bisnis apa pun yang sah. Para pekerja harus diperlakukan dengan bermartabat dan terhormat. Tidak ada pekerjaan yang bersifat kasar dan merendahkan martabat.

Nabi ﷺ mencium tangan seorang buruh yang memperlihatkan tangannya yang kasar akibat kerja kerasnya. Beliau ﷺ mendoakannya dan sangat memuji orang-orang yang bekerja keras melawan orang-orang yang bermalas-malasan atau mengemis. 

Baca juga: Tak Hanya Alquran dan Hadits, Kehancuran Yahudi Israel Juga Diisyaratkan Bibel?

Islam mengajarkan bahwa pekerja harus diperlakukan dengan baik. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: 

۞ وَاعْبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّبِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْجَارِ ذِى الْقُرْبٰى وَالْجَارِ الْجُنُبِ ووَالصَّاحِبِ بِالْجَنْۢبِ وَابْنِ السَّبِيْلِۙ وَمَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُوْرًاۙ الَّذِيْنَ  يَبْخَلُوْنَ وَيَأْمُرُوْنَ النَّاسَ بِالْبُخْلِ وَيَكْتُمُوْنَ مَآ اٰتٰىههُمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖۗ وَاَعْتَدْنَا لِلْكٰفِرِيْنَ عَذَابًا مُّهِيْنًاۚ 

Berita Lainnya:
Kisah Sahabat Nabi yang Jenazahnya Dimandikan Malaikat

“Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri, (yaitu) orang yang kikir, dan menyuruh orang lain berbuat kikir, dan menyembunyikan karunia yang telah diberikan Allah kepadanya. Kami telah menyediakan untuk orang-orang kafir azab yang menghinakan.” (QS An-Nisa ayat 36-37) 

3. Kebaikan terhadap pekerja..

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi