Senin, 26/02/2024 - 06:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

OTOMOTIF
OTOMOTIF

Erick Ungkap Strategi Pemerintah Genjot Akselerasi Kendaraan Listrik 

ADVERTISEMENT

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir dan Menteri Industri dan Sains Australia Edham Nurredin Ed Husic menandatangani nota kesepahaman atau Mou pembentukan mekanisme bilateral kolaborasi memajukan kendaraan listrik Indonesia-Australia di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (23/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

 JAKARTA — Pemerintah berupaya mendorong peningkatan penggunaan kendaraan listrik. Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir mengatakan pemerintah saat ini tengah melakukan revisi Perpres 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

ADVERTISEMENT
Hari Pers Nasional

“(Targetnya) kita dorong bulan ini, sebelum COP 28 bahkan maunya, tapi kan kalau di Indonesia tanda tangan Perpres kalau masing-masing menteri (misalnya) dua minggu atau sebulan,” ujar Erick usai menandatangani nota kesepahaman atau Mou pembentukan mekanisme bilateral kolaborasi memajukan kendaraan listrik Indonesia-Australia dengan Menteri Industri dan Sains Australia Edham Nurredin Ed Husic di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (23/11/2023).

ADVERTISEMENT
Berita Lainnya:
New BYD Dolphin Kini Jangkauannya Lebih Jauh, Harga Lebih Murah

Erick mengisyaratkan revisi Perpres akan memberikan dorongan dalam peningkatan penyerapan kendaraan listrik. Erick menyampaikan saat ini produksi mobil listrik maupun baterainya belum sebanding dengan permintaan yang membuat masa tunggu lama untuk setiap pembelian. 

ADVERTISEMENT
KUR Syariah Bank Aceh

“Terobosanya harus ada investasi industrinya di sini, kita percuma dorong beli mobil, kalau mobilnya belum ada di pasar, dan ini kenapa kita dorong makanya pemerintah ada subsidinya,” ucap Erick. 

ADVERTISEMENT
Bayar Tol dengan Pengcard

Hal serupa pun terjadi pada sektor motor listrik yang mana produksi baterai motor listrik jauh lebih kecil daripada mobil listrik. Untuk itu, Erick mengatakan pemerintah mengundang investasi baterai motor listrik dalam memenuhi kebutuhan transisi motor konvensional ke motor listrik. 

ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action
Berita Lainnya:
Kunjungi IIMS 2024, Erick Luncurkan Motor Listrik Gesits Edisi Khusus Garuda

“Makanya pemerintah nanti ngeluarin perpres dan juga mendorong makin banyaknya investasi di Indonesia, baik mobil dan baterainya, termasuk insentifnya supaya kita juga mendorong permintaan, kalau bisa misalnya seluruh mobil di Indonesia nanti 50 persen jadi listrik misalnya,” kata pria kelahiran Jakarta tersebut. 

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENT

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi