Rabu, 17/04/2024 - 10:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Waspadai Saat Musim Hujan, Begini Cara Hindari Sambaran Petir

ADVERTISEMENTS

 MALANG — Musim penghujan telah memasuki beberapa daerah di Indonesia. Menghadapi perubahan cuaca ini, masyarakat pun diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terutama saat hujan disertai petir. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dosen Teknik dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Machmud Effendy, petir secara prinsip mengandung muatan listrik negatif. Oleh karena itu, petir akan selalu mengincar sesuatu yang memiliki muatan listrik positif. “Termasuk di antaranya Bumi,” jelasnya.

ADVERTISEMENTS

Kelalaian masyarakat terhadap munculnya petir cukup berbahaya. Tidak jarang pula, kehadirannya menimbulkan kerugian secara material hingga jatuhnya korban jiwa.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

Menurut dia, petir kerap mengincar bangunan-bangunan yang tinggi dan luas serta memiliki banyak aliran listrik. Bangunan itu berpotensi lebih besar terkena sambaran petir. Beberapa di antaranya seperti rumah tempat tinggal, fasilitas perkantoran, gedung olahraga, gedung pemerintahan dan gedung-gedung sejenisnya.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah

Manusia sendiri merupakan aktor utama yang perlu memiliki edukasi yang memadai terkait cara melindungi diri dari petir. Beberapa di antaranya dengan memantau ramalan cuaca secara berkala dan menjauhi tempat terbuka ketika cuaca buruk. Kemudian meminimalisasi penggunaan listrik dan telepon genggam ketika sedang hujan.

Berita Lainnya:
Balai Besar TNGGP Perpanjang Penutupan Pendakian Gede Pangrango

Penggunaan listrik dan telepon genggam diketahui mampu menimbulkan radiasi berpotensi yang menjadi jalur bagi arus petir. Sebab itu, situasi ini dapat membahayakan manusia. Situasi berbahaya juga termasuk ketika mengoperasikannya saat berada di dalam mobil.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Selain menjauhi aktivitas yang berhubungan dengan kelistrikan, penggunaan penangkap atau penangkal petir juga menjadi salah satu solusi untuk mengurangi peluang terjadinya sambaran petir. Masyarakat kerap mengira bahwa kedua alat ini sama tetapi pada dasarnya berbeda.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

Penangkap petir bekerja dengan cara menangkap petir yang menyambar, kemudian menyalurkan ke tanah dengan tegangan serendah-rendahnya. Sementara itu, penangkal petir menggunakan listrik tegangan yang sangat tinggi sehingga petir dapat langsung dimentahkan.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

Kesalahpahaman masyarakat ini menjadi bukti kurangnya edukasi dan mispersepsi tentang petir. Meskipun tujuannya sama, penangkap dan penangkal listrik memiliki fungsi yang berbeda. “Penangkap listrik biasanya digunakan pada skala kecil menengah, seperti rumah tangga, industri mikro, hingga gedung perkantoran kecil. Penangkap listrik juga dinilai efisien karena jauh lebih terjangkau dari segi biaya,” jelasnya dalam pesan pers yang diterima Republika, Jumat (24/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024
Berita Lainnya:
Tepung Sorgum Bisa Menjadi Alternatif Substitusi Gandum, Dapat Diolah Jadi Apa Saja?

Sementara itu, penangkal listrik membutuhkan biaya yang relatif lebih mahal, bahkan mencapai dua puluh kali lipat. Hal tersebut disebabkan oleh mahalnya biaya pembelian alat yang mampu memproduksi listrik hingga tegangan lebih dari 40.000 volt.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Di samping harganya yang cenderung mahal, alat penangkal listrik memiliki jangkauan yang sangat luas. Satu alat penangkal listrik dapat menjangkau bahkan hingga radius 50 meter. Sebab itu, alat ini cocok untuk digunakan dalam lingkup yang lebih luas, seperti kawasan industri, kawasan perkantoran, pabrik dan gedung olahraga. 

Alat ini juga memiliki berbagai keuntungan lain seperti penggunaan sistem elektro statis. Oleh karena itu, pantulan listrik yang dihasilkan tidak menimbulkan radiasi apapun yang dapat membahayakan lingkungan maupun manusia.

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi