Rabu, 28/02/2024 - 22:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Cina Buat Simulasi Atmosfer Mars, Apa Tujuannya?

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA— Ilmuwan Cina telah membangun model numerik untuk mensimulasikan atmosfer Mars dan dengan demikian membantu rencana negara tersebut untuk mengumpulkan sampel bantuan dari Planet Merah. Model ini meniru siklus debu, air, dan karbon dioksida di atmosfer Mars. 

ADVERTISEMENTS
Nisfu Sya'ban

Ini akan digunakan untuk mensimulasi kondisi meteorologi untuk pendaratan pesawat ruang angkasa, termasuk suhu permukaan, angin dan debu. Studi ini baru-baru ini dipublikasikan di jurnal Chinese Science Bulletin. 

ADVERTISEMENTS
Pasar Murah Khusus Pensiunan

Dilansir Space, Sabtu (25/11/2023), Cina berencana meluncurkan misi pengembalian sampel Tianwen-3 Mars antara tahun 2028 dan 2030, menurut laporan sebelumnya. Sebuah pendarat akan mengumpulkan hingga 500 gram material Mars menggunakan bor dan lengan robot. 

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

Kendaraan pendakian kemudian akan membawa muatan berharga itu kembali ke orbit Mars untuk bertemu dengan pengorbit yang menunggu dalam perjalanan pulang yang jauh. 

ADVERTISEMENTS
Hari Pers Nasional
Berita Lainnya:
India Berencana Terbangkan Helikopter di Misi Mars Berikutnya

Model atmosfer baru ini dapat mensimulasikan suhu di zona pendaratan, dan para ilmuwan dapat menggunakan data ini untuk merancang bahan yang cocok untuk membangun kendaraan penjelajah Mars guna mengatasi suhu dingin yang ekstrem,” kata pemimpin peneliti Wang Bin, menurut outlet media Xinhua yang dikelola pemerintah Cina. 

ADVERTISEMENTS

Model tersebut, model atmosfer Global Open Planetary untuk Mars, atau GoMars, dibuat menggunakan data dari penjelajah Mars Cina yang sekarang sudah tidak berfungsi, Zhurong, pendarat Viking 1 dan 2 milik NASA, dan kumpulan data analisis ulang OpenMARS, yang merupakan catatan global cuaca Mars. 

ADVERTISEMENTS
Bayar Tol dengan Pengcard
Berita Lainnya:
Elon Musk: Chip Otak Neuralink Telah Ditanamkan pada Manusia 
ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

Zhurong adalah bagian dari misi antarplanet pertama Cina, Tianwen-1, yang diluncurkan pada tahun 2020 dan juga termasuk pengorbit Mars. Tianwen-2, yang dijadwalkan diluncurkan pada awal tahun 2025, akan mengunjungi asteroid dekat Bumi dan komet sabuk utama, sedangkan Tianwen-3 akan mengambil sampel Mars. 

ADVERTISEMENTS
KUR Syariah Bank Aceh

Tianwen-4, yang dijadwalkan diluncurkan sekitar tahun 20230, akan menuju Jupiter dan bulannya Callisto, sekaligus terpisah dari wahana yang akan terbang melintasi Uranus. 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Apa jurus andalan kamu supaya nggak gampang sakit

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi