Senin, 17/06/2024 - 05:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

APLIKASITEKNOLOGI

Negara Teroris Israel Minta Meta dan TikTok Hapus Lebih Dari 8.000 Akun yang Dukung Hamas

JAKARTA — Meta dan TikTok telah menerima lebih dari 8.000 permintaan dari Israel untuk menghapus konten terkait Hamas atau Palestina. Kantor kejaksaan Israel mengatakan, 94 persen konten di situs media sosial utama yang ditandai telah dihapus.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Kantor kejaksaan Israel mengatakan telah meminta penghapusan konten yang menghasut kekerasan dan terorisme, serta promosi kelompok yang secara luas disebut sebagai teroris, termasuk Hamas dan Jihad Islam. Mereka juga meminta agar beberapa lagu yang memuji Hamas yang digunakan sebagai soundtrack untuk ribuan video di TikTok, dihapus.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

TikTok mengatakan kepada Forbes bahwa kebijakannya adalah menghapus semua konten pro-Hamas setelah konten tersebut teridentifikasi, dan menghapus video yang memutar lagu-lagu tentang perjuangan pejuang Palestina.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Kebijakan untuk memoderasi konten yang melanggar berbeda-beda di setiap platform. Namun Google, TikTok, dan Facebook melarang materi yang mempromosikan atau diproduksi oleh kelompok tertentu termasuk Hamas, yang telah ditetapkan sebagai kelompok teror oleh pemerintah Amerika Serikat. Kekerasan atau kebencian terhadap individu atau kelompok berdasarkan suku, kebangsaan, ras atau agama juga dilarang.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

 

Berita Lainnya:
Menkominfo Sebut Lebih Baik Atur Whatsapp dkk daripada Khawatirkan Starlink

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Hampir 60 persen dari total 9.500 permintaan penghapusan konten dari kantor kejaksaan ke situs sosial besar ditujukan kepada Facebook dan perusahaan induk Instagram. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan 26 persen yang ditujukan kepada TikTok. Sepuluh persen dari permintaan penghapusan ditujukan ke plaform media sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter. Kemudian permintaan penghapusan juga dikirim ke YouTube dan Telegram dengan persentase di bawah 5 persen.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Kantor kejaksaan Israel mengatakan kepada Forbes, permintaan penghapusan terhadap semua raksasa media sosial telah meningkat 10 kali lipat sejak serangan lintas batas Hamas meletus pada 7 Oktober. Israel kemudian membalas serangan Hamas dengan membombardir Gaza yang menyebabkan lebih dari 15.000 warga sipil meninggal dunia, termasuk lebih dari 7.000 anak-anak dan wanita.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Kantor kejaksaan Israel mengatakan kepada Forbes, Telegram, yang digunakan oleh akun-akun yang terkait dengan Hamas tidak memenuhi permintaannya. “Ada tantangan besar dalam kerja sama mereka,” kata juru bicara kantor kejaksaan Israel, Hadar Katz.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

YouTube yang berada di bawah perusahaan induk Google mengatakan, mereka telah melihat masuknya konten yang melanggar di platform tersebut sejak perang dimulai. “Menyusul serangan Hamas di Israel dan meningkatnya konflik yang kini terjadi di Israel dan Gaza, kami telah menghapus puluhan ribu video berbahaya dan menghentikan ratusan saluran,” ujar juru bicara YouTube, Sarah Colvin-Rowley.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK
Berita Lainnya:
Empat Rumah di Langsa Hangus Terbakar, Pj Walikota Berikan Bantuan Masa Panik

Perusahaan teknologi secara teratur menerima tuntutan dari pemerintah untuk menghapus sejumlah konten. Dalam laporan transparansi terbarunya, TikTok melaporkan bahwa mereka telah menerima hampir 2.300 permintaan pada paruh kedua 2022, sebanyak 82 di antaranya berasal dari Israel. Sementara permintaan dari AS hanya 11 dan dari Rusia sebanyak  335 permintaan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sementara itu, Google menerima 60.000 permintaan pada paruh pertama  2023. Sebanyak 223 permintaan dari Israel, 359 permintaan dari AS, dan 36.000 permintaan dari Rusia. Meta tidak merilis informasi tentang permintaan penghapusan.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّن ذُكِّرَ بِآيَاتِ رَبِّهِ فَأَعْرَضَ عَنْهَا وَنَسِيَ مَا قَدَّمَتْ يَدَاهُ ۚ إِنَّا جَعَلْنَا عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ أَكِنَّةً أَن يَفْقَهُوهُ وَفِي آذَانِهِمْ وَقْرًا ۖ وَإِن تَدْعُهُمْ إِلَى الْهُدَىٰ فَلَن يَهْتَدُوا إِذًا أَبَدًا الكهف [57] Listen
And who is more unjust than one who is reminded of the verses of his Lord but turns away from them and forgets what his hands have put forth? Indeed, We have placed over their hearts coverings, lest they understand it, and in their ears deafness. And if you invite them to guidance - they will never be guided, then - ever. Al-Kahf ( The Cave ) [57] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi