Tawanan Hamas Disebut-sebut Alami Stockholm Syndrome, Apa Itu?

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Gambar ini diambil dari video yang dirilis oleh brigade Al Qassam di saluran Telegramnya, menunjukkan Yocheved Lifshitz, 85, tengah, dan Nurit Cooper, 79, dikawal oleh Hamas saat mereka dilepaskan ke Palang Merah di lokasi yang tidak diketahui, Senin, (23/10/2023).

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Istilah stockholm syndrome ramai diperbincangkan di platform media sosial X yang dikaitkan dengan perang Hamas dan Israel. Pada masa gencatan senjata, Hamas dan Israel saling melepaskan tahanan mereka.

ADVERTISEMENTS

Banyak warganet yang menyebutkan tahanan Hamas memiliki wajah bahagia. Tak tanggung-tanggung, mereka dilaporkan berfoto dan melambaikan tangan kepada tentara Hamas. Perilaku ini dikaitkan dengan stockholm syndrome.

ADVERTISEMENTS

Sebenarnya, apa itu stockholm syndrome?

Dilansir WebMD, Kamis (30/11/2023), stockholm syndrome bukan diagnosis psikologis. Sebaliknya, ini adalah cara untuk memahami respons emosional beberapa orang terhadap penculik atau pelaku kekerasan.

ADVERTISEMENTS

Terkadang orang yang menjadi tahanan atau sasaran pelecehan dapat mempunyai perasaan simpati atau perasaan positif lainnya terhadap penculiknya. Hal ini tampaknya terjadi selama berhari-hari, berpekan-pekan, berbulan-bulan, atau bertahun-tahun di lokasi penawanan dan melakukan kontak dekat dengan penculiknya.

ADVERTISEMENTS

Ikatan dapat tumbuh antara korban dan penculiknya. Hal ini dapat menghasilkan perlakuan yang baik dan lebih sedikit dampak buruk dari pelaku karena mereka juga dapat menciptakan ikatan positif dengan korbannya.

ADVERTISEMENTS

Seseorang yang mengidap stockholm syndrome mungkin memiliki perasaan yang membingungkan terhadap pelakunya, termasuk.

ADVERTISEMENTS

Stockholm syndrome juga dapat menyebabkan sandera memiliki perasaan negatif terhadap polisi atau siapa pun yang mencoba melakukan penyelamatan.

ADVERTISEMENTS

Sindrom ini pertama kali….

ADVERTISEMENTS

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
Exit mobile version