Sabtu, 27/07/2024 - 12:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Jepang Pertimbangkan Tunda Peluncuran Misi Antariksa ke Mars Hingga 2026

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

TOKYO — Pemerintah Jepang mempertimbangkan penundaan proyek ambisius pengambilan sampel permukaan Mars dari tahun 2024 ke tahun 2026. Penundaan ini disebabkan oleh masalah dengan roket H3, yang seharusnya menjadi andalan dalam meluncurkan wahana tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Dilansir Japan Today pada Senin (4/12/2023), keputusan ini dapat mengakibatkan hancurnya rencana Eksplorasi Bulan Mars (MMX) untuk tiba di sistem Mars selama Pameran Dunia 2025 di Osaka. Rencananya adalah menyiarkan gambar detail langsung dari permukaan Mars ke tempat pameran sebagai salah satu sorotan utama acara tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Proyek MMX baru-baru ini dihadapkan pada tantangan, setelah kegagalan peluncuran perdana roket H3 generasi baru Jepang pada Maret. Kegagalan roket yang dikembangkan oleh Japan Aerospace Exploration Agency dan Mitsubishi Heavy Industries Ltd. itu juga menyebabkan hilangnya satelit utama yang dibawanya, sehingga memaksa pemikiran ulang terhadap jadwal peluncuran wahana MMX.

Berita Lainnya:
BMKG Buka Sekolah Lapang Iklim untuk Petani
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Roket H3 yang kedua direncanakan untuk diluncurkan pada Maret 2024, tetapi muatannya telah dimodifikasi sebagai langkah pencegahan setelah kegagalan peluncuran sebelumnya. Keberhasilan peluncuran roket H3 kedua akan menjadi penentu apakah rencana peluncuran wahana MMX dan satelitnya pada roket H3 ketiga atau roket yang lebih baru dapat terlaksana.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Wahana MMX dijadwalkan untuk diluncurkan ke orbit sekitar Mars pada September 2024, sesuai dengan variasi jarak planet tersebut dari Bumi. Wahana MMX direncanakan untuk tiba di sistem Mars pada Agustus 2025, mendarat di salah satu bulan Mars, Phobos, untuk mengambil sampel permukaan. Kemudian, sampel tersebut akan kembali ke Bumi pada 2029.

Berita Lainnya:
PLN Sediakan Mesin Penampung Botol Plastik dan Baju Bekas di Lingkungan Kantor
ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Jangka waktu berikutnya yang cocok untuk peluncuran adalah sekitar 2026. Meskipun penjadwalan ulang mungkin sulit dilakukan karena prioritas peluncuran satelit lain, tapi keberhasilan proyek ini akan membuat Jepang menjadi negara pertama yang berhasil mengambil sampel permukaan Mars.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Meskipun pemerintah Jepang juga mempertimbangkan penggunaan roket dari perusahaan AS SpaceX sebagai alternatif, opsi ini juga tidak memenuhi tenggat waktu peluncuran pada 2024. Sementara Amerika Serikat, Eropa, dan China juga memiliki rencana serupa, kesulitan yang dihadapi Jepang memberikan peluang besar untuk menjadi negara pertama yang berhasil mencapainya. 

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024
ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَلَقَدْ صَرَّفْنَا فِي هَٰذَا الْقُرْآنِ لِلنَّاسِ مِن كُلِّ مَثَلٍ ۚ وَكَانَ الْإِنسَانُ أَكْثَرَ شَيْءٍ جَدَلًا الكهف [54] Listen
And We have certainly diversified in this Qur'an for the people from every [kind of] example; but man has ever been, most of anything, [prone to] dispute. Al-Kahf ( The Cave ) [54] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi