Minggu, 25/02/2024 - 21:36 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

BMKG: Hujan Mengguyur di Sebagian Besar Wilayah RI, Bagaimana Kota Anda?

ADVERTISEMENT

 JAKARTA—Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebanyak 80 persen wilayah Indonesia hari ini berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga hujan yang disertai petir.

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

Prakirawan BMKG Efa Septiani mengatakan angin permukaan di bagian utara Indonesia didominasi angin yang bertiup dari arah barat laut, sedangkan angin di bagian selatan bertiup dari arah tenggara hingga barat daya dengan kecepatan berkisar antara 10 sampai 50 kilometer per jam.

ADVERTISEMENT
Hari Pers Nasional

“Suhu udara di kota-kota besar di Indonesia berkisar antara 18 hingga 35 derajat Celsius dan kelembaban udara berkisar antara 55 hingga 100 persen,” ujarnya dalam penyataan yang dikutip di Jakarta, Jumat (8/12/2023).

ADVERTISEMENT

Dari 35 provinsi yang berada dalam pemantauan BMKG hanya ada tujuh provinsi yang berpotensi tidak turun hujan karena langit diselimuti awan, yaitu Padang, Bengkulu, Bandar Lampung, Jakarta, Semarang, Gorontalo, Manokwari.

ADVERTISEMENT
KUR Syariah Bank Aceh
Berita Lainnya:
BRIN: Puting Beliung di Bandung Bukan Akibat Perubahan Iklim

Di Pulau Sumatra, hujan ringan berpotensi mengguyur Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Jambi, dan Pangkal Pinang. Sedangkan, hujan petir berpotensi terjadi di Palembang.

ADVERTISEMENT
Bayar Tol dengan Pengcard

Adapun di Pulau Jawa masih terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan yang diperkirakan terdapat di Serang. Sedangkan, hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terdapat di Bandung dan Yogyakarta, serta hujan petir di Surabaya.

ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

Menurut prakiraan BMKG, mayoritas Kepulauan Sunda Kecil yang terdiri dari Denpasar, Mataram, dan Kupang berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Kemudian, Pulau Kalimantan mayoritas daerahnya terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan yang diperkirakan turun di Pontianak, Palangka Raya, Samarinda, dan Tanjung Selor.

Berita Lainnya:
Pendarat Bulan SLIM Sempat Mengambil Foto Terakhir Sebelum Nonaktif, Seperti Ini Hasilnya

BMKG mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai hujan yang disertai dengan petir di daerah Banjarmasin.

Selanjutnya, Pulau Sulawesi hujan juga mengguyur dengan intensitas ringan hingga sedang di Palu, Mamuju, Kendari, dan Makassar. Sedangkan, hujan petir berpotensi terjadi di Manado.

Sementara itu, wilayah timur Indonesia juga diperkirakan turun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di Jayapura, Ternate, dan Ambon.

BMKG memperingati masyarakat untuk mewaspadai potensi angin kencang di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Aceh, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan juga Kalimantan Utara. “Untuk perkiraan tinggi gelombang laut perlu diwaspadai potensi ketinggian gelombang 2,5 hingga 4 meter di Laut Natuna bagian utara,” ujar Prakirawan BMKG Efa Septiani.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENT

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi