Sabtu, 04/05/2024 - 09:32 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Perkuat Pertahanan RI, Len Gandeng Perusahaan Antariksa Perancis

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Induk holding BUMN pertahanan (Defend ID), PT Len Industri (Persero), berhasil menggandeng perusahaan kendaraaan antariksa, Thales Alenia Space. Perusahaan Perancis itu menandatangani kontrak multimisi dengan Len untuk menyediakan konstelasi observasi Bumi yang canggih, yang menggabungkan sensor radar dan optik, khusus bagi Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Kerja sama Len dan Thales Alenia Space merupakan cara positif untuk meningkatkan kemandirian kita di industri pertahanan,” ujar Direktur Utama Len Industri Bobby Rasyidin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (8/12/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Bobby berharap, kerja sama ini dapat memperkuat kemampuan Len dalam mengelola serta mengoperasikan sistem dan proyek satelit. Selain itu, dengan menangani pemrosesan dan analisis citra satelit untuk proyek ini, ucap Bobby, Len akan memperkuat posisinya sebagai penyedia sistem pertahanan penting di Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Zurich Syariah Optimistis Kinerja Asuransi Kendaraan Positif Selama Mudik
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Kedua perusahaan akan menggabungkan kekuatan untuk mengerahkan seluruh sistem, termasuk ruang dan ground station atau stasiun bumi di Indonesia,” ucap Bobby. 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Bobby menjelaskan sistem pengamatan orbit mencakup satelit optik dan radar yang terintegrasi serta dioperasikan melalui segmen pengamatan di darat yang bersifat multimisi. Bobby mengatakan solusi ini didukung kecerdasan buatan untuk menjamin daya tanggap sistem yang cepat serta peningkatan kemampuan intelijen, pengintaian, dan pengamatan. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Sistem konstelasi (rasi bintang) ini akan dioperasikan PT Len untuk memenuhi persyaratan MoD (Kementerian Pertahanan Indonesia) sehubungan dengan keamanan dan kedaulatan Indonesia,” ucap Bobby. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Bersama Thales Alenia Space, lanjut Bobby, Len akan mengembangkan sistem pengamatan di darat yang bersifat multimisi untuk menyediakan fungsi kontrol, pemeliharaan, pemrosesan data, dan analisis untuk sistem satelit pertahanan. Selain itu, Len akan memberi Kementerian Pertahanan akses ke rasi bintang melalui satelit pengamatan di bumi dengan lintas ulang (revisit) yang tinggi saat ini melalui kemitraan dengan BlackSky. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Bandara Sam Ratulangi Tutup Hingga Esok Siang

“Layanan ini akan memberikan kemampuan satelit ISR awal untuk Kementerian Pertahanan dan TNI sebelum pengoperasian sistem satelit pertahanan,” kata Bobby. 

CEO Thales Alenia Space Herve Derrey mengatakan pengamatan konstelasi (rasi bintang) dari Indonesia akan dibangun berdasarkan radar dan optik all-in-one Thales Alenia Space yang memanfaatkan keahliannya yang unggul dalam menghadirkan sistem end-to-end yang kompleks. Hal ini juga mencakup blok bangunan utama Telespazio untuk segmen darat. 

“Thales Alenia Space yang memiliki sejarah panjang dalam bekerja sama dengan operator satelit Indonesia, merasa terhormat diberi kesempatan untuk mengerjakan program penting Kementerian Pertahanan untuk pertama kalinya,” kata Herve.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi