Sabtu, 18/05/2024 - 12:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Peserta SNBT 2024 akan Berhadapan dengan Soal Isian, Seperti Apa Itu?

JAKARTA — Dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 peserta akan dihadapkan pada tiga model soal. Ketiga model soal itu, yakni soal pilihan ganda, soal pilihan majemuk kompleks, dan soal melengkapi rumpang atau soal isian.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Faktanya, masih banyak siswa yang bingung dengan maksud model ketiga itu. Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 memastikan soal itu sederhana dan bukan seperti soal esai.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Adik-adik tidak perlu khawatir. Ini adalah soal-soal isian sederhana, bukan dalam bentuk esai yang harus mengarang, harus kemudian membuat penulisan rumus, tidak seperti itu,” kata Ketua Pelaksana SNPMB Tjitjik Srie Tjahjandarie dalam Peluncuran SNPMB 2024 di Kemendikbudristek, Jakarta, Jumat (8/12/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS
Berita Lainnya:
Tak Larang Study Tour, Yogya Yakin Tetap Jadi Destinasi Pilihan Sekolah dari Daerah Lain

Tjitjik menyebutkan, soal isian tersebut hanya berbentuk isian angka. Menurut dia, contoh soal isian itu sejatinya sudah dipaparkan di laman snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Teknis mengerjakan model soalnya sama dengan mengerjakan soal pilihan ganda.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Pada soal pilihan ganda, peserta memilih salah satu jawaban yang tersedia. Sementara itu, pada soal isian, peserta langsung mengisi jawabannya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Kalau pilihan ganda kan klik A, atau B, atau C kan. Kalau ini isi jawabanya yang definitif. Misal setelah menghitung jawabannya 8 ya tulis 8 begitu,” tutur dia.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Dengan soal isian tersebut, lanjut Tjitjik, panitia hendak melihat kemampuan penalaran para peserta terhadap suatu soal.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Rektor Cyber University Soroti Guru yang Paling Banyak Terjerat Pinjaman Online di 2024

Panitia SNPMB mengumumkan sejumlah ketentuan baru dalam pelaksanaan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Siswa yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024 tidak bisa mendaftar seleksi jalur mandiri di perguruan tinggi negeri (PTN) manapun. Ketentuan itu juga berlaku terhadap peserta SNBT 2024 yang telah dinyatakan lulus dan daftar ulang.

ADVERTISEMENTS

“Siswa yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi jalur mandiri di PTN manapun,” ucap Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek, Anindito Aditomo dalam konferensi pers Peluncuran SNPMB 2024 di Jakarta, Jumat (8/12/2023).

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi