Minggu, 21/04/2024 - 01:54 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Harbolnas 12.12 Usai, Ini Strategi TikTok dan Tokopedia Berikutnya Buat UMKM

ADVERTISEMENTS

Logo Tokopedia yang ditampilkan saat peluncuran promosi belanja Beli Lokal 12-12 di Jakarta, Selasa (12/12/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Setelah berkolaborasi dengan Tiktok, Tokopedia berkomitmen terus membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Mulai dari pemasarannya, membangun merek atau branding, hingga menyusun strategi bisnisnya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Kita juga mau ada bantuan lain. Kita kerja sama dengan UGM (Universitas Gadjah Mada) untuk bikin perusahaan tech center yang sesuai dengan kesepakatan pendidikan,” Head of Communication Tokopedia Aditya Grasio Nelwan kepada wartawan di sela bincang santai bersama UMKM penjual di Tiktok, di Jakarta, Kamis (21/12/2023).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Kementerian BUMN Beri Tiga Dukungan Kembangkan Ultramikro dan UMKM

Maka, kata dia, sinergi Tiktok dan Tokopedia dalam menggarap UMKM tidak berhenti sampai di Kampanye Lokal pada Harbolnas 12.12. Ia menyebutkan, bakal ada sejumlah program lanjutan seperti pelatihan.

“Nanti akan ada lanjutannya. Yang penting fokusnya untuk seller lokal dan produk lokal dan akan ada kampanye sama,” kata dia.

Aditya menjelaskan, selama ini Tokopedia sering mengadakan pelatihan bagi UMKM pemula atau yang baru masuk ekosistem digital. Ada beberapa tahapan, kata dia, misal bagi mereka yang belum terlalu memahami digital tapi sudah mempunyai usaha, diberikan pelatihan dasar meliputi cara memfoto barang, jenis barang yang menarik pembeli, serta bagaimana membuat nama toko.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Endog Lewo Garut, Sukses Tingkatkan Produksi Berkat Pemberdayaan BRI KlasterkuHidupku

“Nanti yang advance bagaimana kita manfaatkan media sosial. Nantinya bisa kasih tips juga bagaimana caranya manfaatin fitur-fitur di Tokopedia,” ungkap Aditya.

Ia mengatakan, berbagai fitur disediakan oleh Tokopedia untuk UMKM. Tujuannya agar para pelaku usaha bisa mendapat pengenalan atau eksposure lebih tinggi.

Seperti diketahui, sebelumnya Tiktok dan Tokopedia sudah meluncurkan Kampanye Lokal pada Harbolnas 12.12. Disebutkan, dari program tersebut, sejumlah kategori produk paling banyak dibeli, meliputi produk kecantikan, perawatan tubuh, fashion, serta peralatan rumah tangga.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi