Jumat, 19/04/2024 - 04:38 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

PBB Tunjuk Koordinator Kemanusiaan untuk Gaza

ADVERTISEMENTS

Petugas medis menguburkan jenazah warga Palestina yang tewas dalam pertempuran dengan Israel dan diserahkan oleh militer Israel saat pemakaman massal di Rafah, Jalur Gaza, Selasa, (26/12/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

WASHINGTON — Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres, pada Selasa (26/12/2023), mengumumkan penunjukan Sigrid Kaag sebagai koordinator kemanusiaan untuk Gaza setelah Dewan Keamanan PBB mengesahkan resolusi bantuan Gaza. “Dengan peran ini, dia akan memfasilitasi, mengoordinasikan, memantau, dan mengecek pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza,” kata PBB dalam sebuah pernyataan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Kaag yang kini menjabat sebagai Menteri Keuangan Belanda itu juga akan membentuk mekanisme PBB untuk mempercepat pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza melalui negara-negara yang bukan pihak dalam konflik tersebut. Kaag yang juga diplomat senior PBB itu diperkirakan akan mulai bertugas pada 8 Januari 2024, kata pernyataan itu.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Komandan IRGC Syahid dalam Serangan Rudal di Konsulat Iran

Penugasan tersebut merupakan bagian dari resolusi Dewan Keamanan PBB yang diadopsi pekan lalu untuk meningkatkan bantuan kemanusiaan ke daerah kantong Palestina itu. Dewan Keamanan PBB pada Jumat pekan lalu mengesahkan resolusi yang menuntut agar semua pihak melakukan “langkah-langkah mendesak” untuk membuka akses kemanusiaan yang lebih luas, aman, dan tanpa hambatan ke Gaza, di tengah serangan Israel yang sedang berlangsung di wilayah tersebut.

Berita Lainnya:
Sekjen PBB Kutuk Serangan Drone Israel Terhadap Tiga Pengamat UNIFIL di Lebanon

Resolusi itu menuntut pihak-pihak yang berkonflik mengizinkan dan membuka semua rute menuju dan di seluruh Jalur Gaza. Termasuk, pintu-pintu perbatasan, guna memastikan staf kemanusiaan dan bantuan tersalurkan ke warga sipil yang membutuhkan.

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Serangan Israel di Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023 telah menewaskan sedikitnya 20.915 orang, mayoritas adalah perempuan dan anak-anak. Serangan membabi buta ini juga menghancurkan Gaza, dengan 60 persen infrastruktur di daerah kantong itu rusak dan hancur dan hampir dua juta orang mengungsi di tengah krisis makanan, air bersih, dan obat-obatan.

 

sumber : antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi