Selasa, 30/04/2024 - 22:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

ESDM Dorong Perbaikan Standar Keamanan Smelter Asal China  

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Pemerintah berupaya memperbaiki tingkat keselamatan pengolahan sumber daya alam di tengah upaya hilirisasi. Staf Khusus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bidang Percepatan Tata Kelola Mineral dan Batubara Irwandy Arif menilai, dengan adanya kejadian berulang kebakaran di sejumlah smelter maka perlu adanya perbaikan tata kelola dan aspek kemanan serta keselamatan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Ini di keindustrian. Ini di industri bukan di tambang, bukan di Kementerian ESDM,” kata Irwandy di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (29/12/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Irwandy menjelaskan, Kementerian ESDM turut menerjunkan pengawas di lapangan guna menjaga koordinasi dengan pemangku kepentingan lain. ESDM juga membantu koordinasi karena saat ini berada di bawah Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi. 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Kemen ESDM Soroti Pengaruh Selat Hormuz pada Stabilitas Harga Minyak

Menurutnya, perusahaan asal China lebih gesit membangun smelter ketimbang perusahaan dari negara lain. “Hanya saja ada kelemahan smelter China misalnya soal keamanan yang kejadian kemarin ini,” ungkap Irwandy.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Irwandy mengemukakan, kelemahan ini tidak hanya pada teknologinya saja tetapi juga dalam implementasinya. Dia memberikan gambaran proses pembangunan smelter tidaklah mudah.

“Seperti komponen bata yang dipakai, itu di Indonesia tidak diproduksi. Jadi memang bikin smelter ini tidak mudah dan butuh ketelitian,” kata Irwandy.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan mengambil tindakan tegas atas insiden ledakan di pabrik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) yang beroperasi di  Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Morowali, Sulawesi Tengah.

Berita Lainnya:
HK Buka Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar Gratis untuk Lebaran

“Saya ingin mengingatkan bahwa negara kita memiliki regulasi yang jelas dan tegas. Siapapun yang melanggar akan dihadapkan pada hukum yang berlaku. Ini bukan hanya tanggung jawab Polri, tetapi semua K/L terkait harus bekerja sama dalam upaya penegakan ini,” ujar Luhut, Jumat (29/12/2023).

Luhut mengatakan dalam dua pekan ke depan, pihaknya meminta kepolisian untuk menyelesaikan investigasi kasus dan meminta Polri untuk menindak tegas setiap pelanggaran hukum yang teridentifikasi.

“Saya minta Polri bertindak cepat dan tegas apabila ada bukti pelanggaran oleh perusahaan. Kejadian serupa di GNI tahun lalu sudah menjadi pelajaran bahwa kita serius dalam menegakkan hukum demi keselamatan pekerja. Pokoknya kita tidak mau main-main dengan keselamatan manusia,” kata Luhut.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi