Senin, 27/05/2024 - 23:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Guncangan Finansial yang Tiba-Tiba di Usia Paruh Baya Dapat Tingkatkan Risiko Demensia

Guncangan finansial yang tiba-tiba di usia paruh baya, seperti kehilangan pekerjaan atau sebagian besar tabungan, dapat meningkatkan risiko menderita demensia.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

JAKARTA — Guncangan finansial yang tiba-tiba di usia paruh baya, seperti kehilangan pekerjaan atau sebagian besar tabungan, dapat meningkatkan risiko menderita demensia. Stres karena kehilangan banyak uang tampaknya mempercepat penurunan kognitif, setidaknya pada orang berusia 50 hingga 65 tahun.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Dilansir Daily Mail, Jumat (29/12/2023), sebuah penelitian terhadap 8.000 orang mengamati mereka yang kehilangan setidaknya 75 persen dari total kekayaan mereka selama dua tahun. Dibandingkan dengan orang-orang yang situasi keuangannya stabil, mereka yang mengalami guncangan keuangan memiliki kemungkinan 27 persen lebih besar terkena demensia.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak
Berita Lainnya:
Dokter: Berat Janin tak Bertambah Bisa Jadi karena Faktor Rahim Ibu

Penelitian ini mengikuti orang-orang yang berusia di atas 50 tahun di Amerika Serikat (AS) selama rata-rata 14 tahun untuk mengetahui apakah mereka menderita demensia.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Hubungan antara guncangan finansial yang tiba-tiba dan penurunan kognitif serta demensia hanya terlihat pada orang yang berusia hingga 65 tahun dan tidak pada mereka yang lebih tua. 

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Para penulis penelitian, yang dipimpin oleh Zhejiang University School of Medicine di Cina, menunjukkan bahwa orang yang berusia di atas 65 tahun dapat mengatasi peristiwa-peristiwa  kehidupan yang penuh tekanan dengan lebih baik. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Dr Jing Guo, penulis senior studi dari Zhejiang University School of Medicine di Cina mengatakan tekanan akibat guncangan finansial yang tiba-tiba dapat berdampak pada kesehatan, namun menambahkan: “Guncangan kekayaan negatif didefinisikan sebagai hilangnya kekayaan secara tiba-tiba, yang disebabkan oleh cepatnya habis aset dan akumulasi utang-utang baru, menyiratkan penurunan konsumsi barang dan jasa yang meningkatkan kesehatan.” 

ADVERTISEMENTS

Dr Jing Guo menuturkan setelah mengalami guncangan kekayaan negatif, orang mungkin harus menghentikan kebiasaan makan makanan sehat karena terbatasnya kekayaan, mengurangi tingkat latihan fisik karena emosi yang tertekan, serta lebih sedikit aktivitas sosial karena terbatasnya waktu rekreasi. 

ADVERTISEMENTS

“Semua elemen yang disebutkan di atas bersifat preventif untuk demensia,” ujarnya. 

Berita Lainnya:
Pakar UGM Terangkan Pentingnya Langsung Memasak Daging Kurban

Malapetaka finansial yang tiba-tiba….

 

 

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi