AP II: Penumpang Periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Lebihi Target

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Calon penumpang pesawat memindai paspor dan pengenalan wajah di pintu otomatis (autogate) pemeriksaan imigrasi, Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (3/1/2024). Direktorat Jenderal Imigrasi Bandara Soekarno Hatta meresmikan 68 autogate baru di Terminal 3, dan 10 autogate baru di Terminal 2 untuk mempermudah dan memperketat layanan pemeriksaan imigrasi bagi penumpang.

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — PT Angkasa Pura II (AP II) mencatat realisasi penumpang selama periode Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 sebanyak 4,2 juta penumpang atau melebihi target yang sebanyak 4,04 juta penumpang. Jumlah tersebut meningkat 12 persen dibandingkan Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang sebanyak 3,74 juta penumpang.

ADVERTISEMENTS

Vice President Corporate Communication AP II Cin Asmoro dalam keterangan di Jakarta, Sabtu (6/1/2024), mengatakan kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan menjadikan bandara-bandara yang dikelola AP II mampu memenuhi tingginya permintaan perjalanan udara pada akhir 2023.

ADVERTISEMENTS

“Jumlah penumpang melebih proyeksi atau target kami. Selain jumlah penumpang yang meningkat, secara kumulatif jumlah penerbangan di bandara-bandara AP II pada angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 juga meningkat 3 persen dibandingkan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau atau dari 29.604 penerbangan menjadi 30.573 penerbangan,” kata Cin.

ADVERTISEMENTS

Pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, AP II mencatat sejumlah maskapai juga mengoperasikan penerbangan tambahan (extra flight) di bandara-bandara AP II.

ADVERTISEMENTS

Cin menuturkan total extra flight yang dioperasikan oleh maskapai di bandara-bandara AP II mencapai 1.443 extra flight.

ADVERTISEMENTS

Meskipun kesibukan lalu lintas penerbangan meningkat, ia mengatakan bandara-bandara AP II bersama maskapai dapat menjaga tingkat ketepatan waktu penerbangan (on time performance/OTP).

ADVERTISEMENTS

“OTP di bandara-bandara AP II secara rata-rata mencapai 80 persen. Ini merupakan tingkat yang baik. Pencapaian OTP ini berkat kolaborasi yang baik dari seluruh stakeholder dalam memberikan pelayanan untuk memastikan kelancaran alur keberangkatan serta kedatangan penumpang,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS

Selain itu, kelancaran pengaturan pergerakan pesawat di sisi udara bandara juga memegang peranan penting dalam pencapaian OTP tersebut.

ADVERTISEMENTS

Sementara itu khusus di Bandara Soekarno-Hatta….

 

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
Exit mobile version