Rabu, 19/06/2024 - 14:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMISYARIAH

Literasi Wakaf Indonesia Masih Rendah, Petugas KUA Harusnya Lakukan Ini

JAKARTA — Literasi atau pemahaman masyarakat terhadap wakaf masyarakat Indonesia masuk dalam kategori rendah. Kementerian Agama RI dan Badan Wakaf Indonesia mencatat skor Indeks Literasi Wakaf pada 2020 sebesar 50,48. 

ADVERTISEMENTS

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Waryono Abdul Ghafur mengatakan, sebenarnya potensi zakat maupun wakaf di Indonesia sangat besar. Hanya saja realisasinya masih perlu ditingkatkan, diantaranya adalah soal pencatatan. 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh
ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Seharusnya kepala KUA di tiap-tiap kecamatan, sejatinya juga bertugas mencatat aset wakaf. Sosialisasi tentang zakat dan wakaf juga perlu ditingkatkan. Selama ini literasi wakaf banyak bersumber dari majelis taklim,” ungkap Waryono dalam Talkshow Filantropi Islam Tahun 2024 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Jakarta, pada Jumat (5/1/2024).

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kamaruddin Amin mengungkapkan pemahaman publik terhadap wakaf perlu diperbaiki dan ditingkatkan melalui penguatan program literasi. Berdasarkan publikasi Global Charities Aid Foundation pada 2023 menyebut Indonesia negara paling dermawan di dunia dan menempati peringkat pertama berdasarkan World Giving Index 2023. Peringkat pertama ini telah dipegang Indonesia selama enam tahun berturut-turut.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Pertamina Buka Peluang Sinergi Berbagai Negara, Gaungkan Pelestarian Air di WWF 2024

“Wakaf memiliki potensi yang sangat besar karena merupakan instrumen kebaikan dalam Islam yang memiliki banyak keutamaan, terlebih ekosistem Zakat dan Wakaf di Indonesia telah didukung oleh sistem perundang-undangan dan regulasi yang sangat lengkap,” ujar Kamarudin.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Kamarudin mengakui, adanya tantangan edukasi wakaf semakin kompleks lantaran bonus demografi Indonesia yang didominasi oleh kaum milenial yang memiliki pola berpikir dinamis. Sehingga pendekatan edukasi yang baru perlu dihadirkan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Kementerian Agama RI berjanji akan memperluas media sosialisasi zakat dan wakaf. Termasuk lewat kampanye di media umum maupun media sosial untuk meningkatkan literasi wakaf dan zakat di masyarakat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Wakil Komisaris Utama, Bank Syariah Indonesia Adiwarman Karim mengakui masih rendahnya partisipasi masyarakat berwakaf, meskipun memiliki rekening. Padahal, berwakaf sama saja dengan menabung, tapi menabung untuk akhirat.  

ADVERTISEMENTS

“Saat ini juga potensi aset masjid masih banyak belum dimaksimalkan untuk produktivitas ekonomi,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK
Berita Lainnya:
KLHK dan UNIDO Lanjutkan Pengelolaan PCBs Fase 2

Dalam kesempatan yang sama, Perwakilan daei Gerakan Wakaf Indonesia Susi Susiatin mengajak masyarakat, termasuk generasi muda, untuk berwakaf tanpa harus menunggu kekayaan melimpah. Wakaf dapat dilakukan dengan nominal yang terjangkau, mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 50 ribu. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Potensi wakaf di Indonesia dianggap sangat besar dan dapat menjadi instrumen keuangan sosial Islam yang berdampak positif. Keberadaan wakaf telah membuktikan kontribusinya dalam kegiatan sosial keagamaan dan ekonomi di Indonesia,” ujar Susi.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Oleh karena itu pentingnya dukungan dari berbagai pihak untuk meningkatkan literasi melalui program-program inovatif, seperti KUA Pemberdayaan Ekonomi Umat, Kampung Zakat, Inkubasi Wakaf Produktif, Percepatan Sertifikasi Tanah Wakaf, dan Literasi Zakat dan Wakaf. Kementerian Agama RI pun berkomitmen untuk terus meningkatkan literasi wakaf di masyarakat, membangun pemahaman dan kesadaran berwakaf yang sistematis, masif, dan terstruktur. 

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

مَّا أَشْهَدتُّهُمْ خَلْقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلَا خَلْقَ أَنفُسِهِمْ وَمَا كُنتُ مُتَّخِذَ الْمُضِلِّينَ عَضُدًا الكهف [51] Listen
I did not make them witness to the creation of the heavens and the earth or to the creation of themselves, and I would not have taken the misguiders as assistants. Al-Kahf ( The Cave ) [51] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi