Jumat, 03/05/2024 - 10:32 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Ekonom: PSN Jalan Tol Dilanjutkan Tumbuhkan Ekonomi Daerah

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Direktur Program Institute For Development of Economics and Finance (Indef) Esther Sri Astuti menilai pembangunan berbagai Proyek Strategis Nasional (PSN) jalan tol perlu dilanjutkan untuk membangkitkan kegiatan perekonomian di daerah.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Seperti proyek infrastruktur jalan tol dari Jakarta-Semarang, Semarang-Solo, dan lain-lain masih bermanfaat bagi masyarakat karena memudahkan mobilitas masyarakat antar daerah yang terhubung,” kata Esther saat dihubungi di Jakarta, Kamis (11/1/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Esther mengatakan pembangunan jalan tol akan membawa dampak positif yang sangat signifikan dalam jangka panjang bagi kemajuan transportasi di Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Hal itu karena jalan tol akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pergerakan masyarakat sehingga pada akhirnya akan menggerakkan roda kegiatan perekonomian.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Selain itu, infrastruktur jalan tol juga memudahkan akses pendidikan bagi masyarakat untuk meraih pendidikan berkualitas sehingga berpengaruh terhadap pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Mendag: Aturan Barang Kiriman PMI tak Lagi Masuk Permendag 36

“Dengan proyek-proyek jalan tol akses masyarakat ke pendidikan juga lebih terbuka misalnya orang Serang bisa sekolah ke Surabaya dengan naik bus atau mobil, tidak usah naik pesawat yang harus ke Jakarta dulu. Jadi, ini dampaknya lebih jangka panjang,” kata Esther.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Seperti proyek infrastruktur jalan tol dari Jakarta-Semarang, Semarang-Solo, dan lain-lain masih bermanfaat bagi masyarakat karena memudahkan mobilitas masyarakat antar daerah yang terhubung,” ucap Esther menambahkan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Beberapa proyek PSN infrastruktur jalan tol yang direncanakan dilanjutkan di 2024 di antaranya Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Tol Getaci), Tol Serang-Panimbang, Tol Probolinggo-Banyuwangi, dan sejumlah ruas tol lainnya. Proyek ini menurut Esther memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat.

Berita Lainnya:
Menteri Bahlil Ungkap, Pemerintah Bakal Tambah Kepemilikan Saham di Freeport

“Kelanjutan PSN infrastruktur tol perlu diperhatikan,” kata dia.

Meskipun begitu, dia menyatakan bahwa tidak semua proyek strategis nasional mungkin memberikan manfaat yang sebanding. Pemerintah perlu lebih selektif untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur agar mendapat manfaat yang signifikan, namun tetap mengendapkan efisiensi dan efektivitas.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin 8 Januari, sebanyak 42 Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dinilai tidak akan rampung pada 2024, diharapkan tetap dilanjutkan oleh pemerintahan selanjutnya.

“Ya diteruskan, masa berhenti,” kata Jokowi dalam peresmian Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor, di Gerbang Tol (GT) Limo Utama, Depok, Senin (11/1/2024).

Adapun pembangunan 42 PSN senilai Rp 1.427,36 triliun tersebut saat ini masih berjalan.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi