Senin, 27/05/2024 - 22:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Waspadai Pohon Besar pada Musim Hujan, BPBD Sleman: Rawan Tumbang

Pohon tumbang (ilustrasi). Warga diminta waspada potensi pohon tumbang pada musim hujan.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

SLEMAN — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengingatkan masyarakat setempat untuk mewaspadai pohon besar dan rindang yang berada di tanah gembur. Pohon yang tumbuh di kondisi tersebut dinilai rawan tumbang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

“Mengingat sejak beberapa waktu lalu, dan diperkirakan masih akan berlangsung beberapa hari ke depan hujan terus menerus terjadi, maka kami imbau masyarakat mewaspadai pohon besar dan rindang karena rawan tumbang,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman Makwan di Sleman, Ahad (21/1/2024).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Menurut dia, hujan yang menerus sepanjang waktu menjadikan tanah permukaan gembur, sehingga daya cengkram akar pohon menjadi berkurang: “Ini menyebabkan potensi pohon yang rindang akan mudah tumbang jika terkena angin. Kami mohon kewaspadaan masyarakat, terutama pohon perindang jalan dan yang dekat permukiman,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan
Berita Lainnya:
Longsor Dahsyat di Papua Nugini, 300 Jiwa Melayang

Ia mengatakan, wilayah DIY termasuk Kabupaten Sleman dalam beberapa hari ini mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dan durasi yang cukup panjang. “Informasi dari BMKG ini merupakan dampak dari badai Siklon Tropis Anggrek yang diperkirakan masih akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan,” katanya.

Makwan mengatakan, akibat hujan deras disertai angin kencang pada Ahad dini hari mengakibatkan sejumlah pohon di beberapa titik di Sleman tumbang dan tanah longsor. Kejadian pohon tumbang dan atap rumah terbawa angin tersebut meliputi di Kapanewon (Kecamatan) Cangkringan yakni Kalurahan Umbulharjo, Glagaharjo, Argomulyo dan Kalurahan Kepuharjo.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
BNPB: 12 Ribu Warga Tagulandang Harus Dievakuasi Akibat Erupsi Kedua Gunung Ruang

“Di Kalurahan Tirtomartani, Kalasan satu pohon tumbang menimpa jaringan listrik, di Jalan Berbah-Prambanan, Kalurahan Kalitirto, Berbah pohon tumbang menutup akses jalan dan menimpa pengendara motor. Korban mengalami luka ringan dan sudah mendapatkan perawatan,” katanya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Kemudian longsor terjadi di Kapanewon Mlati di Kalurahan Sendangadi, sebuah talud longsor dan menimpa bangunan Universitas Mahakarya Asia.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi