Senin, 27/05/2024 - 22:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Betapa Adilnya Islam, Orang Miskin Pun Bisa Banyak Bersedekah

JAKARTA — Di dunia ini ada orang yang rezekinya dilapangkan yakni orang-orang kaya, ada juga yang rezekinya disempitkan yakni mereka yang sedikit harta dunianya. Bagi orang kaya, bersedekah dengan harta tentulah sangat mudah. Lantas orang yang sedikit hartanya atau miskin bagaimana caranya bersedekah?

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Agama Islam sangat adil dan sempurna. Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya memberitahu hal apa saja yang bisa disedekahkan oleh orang yang sedikit hartanya. Sabda Nabi Muhammad SAW tersebut dijelaskan Imam Al Ghazali bernama lengkap Imam Abu Hamid Muhammad ibn Muhammad al-Ghazali dalam kitabnya Ihya Ulumuddin.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Pada suatu hari orang-orang miskin datang kepada Rasulullah SAW kemudian berkata, “Orang-orang kaya punya banyak peluang memperoleh pahala. Mereka sholat dan puasa seperti kami (orang miskin), akan tetapi mereka bisa mendapatkan pahala lebih karena harta mereka.”

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak
Berita Lainnya:
Apa Hukumnya Haji Berkali-kali ketika Rasulullah Hanya Satu Kali Berhaji?

Nabi Muhammad SAW bertanya, “Tidakkah Allah SWT juga menyuruh kalian bersedekah? Setiap tasbih yang kalian ucapkan adalah sedekah, setiap tahmid dan tahlil adalah sedekah, setiap takhir juga sedekah, setiap menyuruh kebaikan (amar ma’ruf) bernilai sedekah, setiap melarang kejahatan (nahi munkar) juga bernilai sedekah. Demikian pula dengan setiap makanan yang kalian berikan untuk konsumsi keluarga merupakan sedekah. Setiap hubungan suami istri di antara kalian adalah sedekah.” 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

 

Mereka bertanya kembali kepada Nabi Muhammad SAW, “Ya Rasulullah, apakah salah seorang dari kami yang datang kepada istrinya dengan syahwat juga akan mendapatkan pahala?” 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Rasulullah SAW bersabda, “Tidakkah kalian mengetahui, jika seseorang menumpahkan syahwatnya di tempat yang diharamkan oleh Allah, maka ia akan mendapatkan berdosa?” Mereka menjawab, “Ya.” 

Rasulullah SAW kemudian menjelaskan, “Demikian pula jika ia menumpahkan syahwatnya di tempat yang dihalalkan oleh Allah, niscaya ia juga akan mendapatkan pahala.” (HR Imam Muslim)

ADVERTISEMENTS

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW menyampaikan hal yang hampir serupa kepada Abu Dzar al-Ghifari Radhyallahu anhu. Abu Dzar al-Ghifari dikisahkan adalah sahabat Nabi yang paling miskin tapi hidup bahagia.

ADVERTISEMENTS

Abu Dzar al-Ghifari pernah mengatakan, “Aku sempat mengeluh kepada Rasulullah. Orang-orang kaya menguasai seluruh persediaan pahala. Mereka melakukan ibadah-ibadah seperti yang kami kerjakan, dan mereka masih dapat menginfakkan harta, sedangkan kami tidak.”

Berita Lainnya:
Menggantungkan Harapan Hanya Kepada Allah

Rasulullah SAW bersabda, “Maukah engkau, aku beritahu suatu amalan yang apabila engkau kerjakan niscaya engkau akan mendapatkan pahala sebagai orang-orang kaya yang berada di sekitarmu? Yaitu dengan membaca Subhanallah 33 kali, Alhamdulillah 33 kali dan Allahu Akbar 34 kali pada setiap selesai dari sholat-sholatmu.” (HR Imam Ibnu Majah)

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi