Sabtu, 20/04/2024 - 07:15 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Demo Apdesi Rusuh, Kapolda: Mereka Sudah Persiapkan Bakar 30 Ban Bekas

ADVERTISEMENTS

Massa Gabungan dari Asosiasi Kepala Desa se-Indonesia (Apdesi) beristirahat disela-sela aksi di depan Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (31/1/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto menyesalkan aksi demonstasi yang digelar Asosiasi Pemerintah Daerah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) di depan Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (31/1/2024) diwarnai dengan kerusuhan. Dia mengatakan, kerusuhan yang terjadi pada saat aksi unjuk rasa sudah dipersiapkan oleh peserta. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Karena itu, aparat sudah melakukan razia sehari sebelum aksi turun ke jalan digelar. “Ada aksi penyampaian pendapat di DPR yang sedikit diwarnai pengerusakan sebagian kecil dari pagar DPR luar, dan kita tahu mereka sudah mempersiapkan,” ujar Karyoto di lokasi kejadian, Rabu.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Kapolda Metro Jaya Minta Jajaran Awasi Rumah Kosong yang Ditinggal Mudik

Massa demonstran yang menuntut kepada kepada legislatornuntuk merevisi Undang-Undang (UU) Desa tersebut melakukan perusakan pagar Gedung DPR dengan palu besi. Selain itu, mereka melakukan pelemparan botol air mineral hingga batu ke halaman Gedung DPR.

Bahkan, para aparat desa itu juga membakar spanduk dan kayu tepat di depan pintu gerbang DPR. Karyoto mendapat informasi, massa aksi sudah mempersiapkan 30 ban bekas untuk dibakar di depan Gedung DPR.

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Dari kemarin anggota kami sudah razia sudah dapatkan banyak sekali lebih dari 30 (ban bekas). Karena kalau ban dibakar 30 biji bisa dibayangkan asap hitam seolah olah nanti membuat kekacauan,” terang Karyoto.

Berita Lainnya:
Mahasiswi Dirampok dan Disekap, Pelaku Ditembak Polisi

Kendati massa terus melakukan kerusuhan, kata Karyoto, aparat tidak terpancing. Pihaknya memilih untuk membubarkan massa aksi secara perlahan. Sehingga pada akhirnya massa demonstan tersebut membubarkan diri ketika matahari berangsur ke barat.

Gara-gara aksi itu, lalu lintas Jakarta, khususnya di sekitar Senayan macet total. Hal itu lantarah para demonstran juga sempat melakukan blokade Jalan Gatot Subroto dan ruas Tol Dalam Kota (JORR) di depan Gedung DPR ke arah Bandara Soekarno-Hatta.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi