Kamis, 30/05/2024 - 16:32 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Dokter-dokter Myanmar Selamatkan Nyawa Para Pejuang Pro-Demokrasi

Foto yang disediakan oleh Kelompok Aktivis Kyunhla ini menunjukkan setelah serangan udara di desa Pazigyi di Kotapraja Kanbalu, Wilayah Sagaing, Myanmar, Selasa (11/4/2023). Saksi dan laporan media independen mengatakan puluhan penduduk desa di Myanmar tengah tewas dalam serangan udara dilakukan Selasa oleh pemerintah militer negara Asia Tenggara itu.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

DOHA- Saat militer merebut kekuasaan pada Februari 2021 lalu, Dr Ye menjalani kehidupan yang hanya dapat diimpikan anak muda Myanmar yaitu bekerja sebagai dokter di London. Berasal dari keluarga pro-militer dia tidak memiliki banyak opini pada politik saat itu.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

“Sebelum kudeta, mereka mencuci otak saya, kudeta menyadarkan saya,” kata dokter berusia 32 tahun itu pada Aljazirah, Rabu (1/2/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Jepang akan Mulai Berburu Paus Sirip Untuk Komersial  

Namun dia merasa meninggalkan para penyintas dengan rasa bersalah. Dari jauh dia melihat ratusan orang yang berusia sama dengannya dan lebih muda lagi ditembak di jalan selama unjuk rasa damai pro-demokrasi.

Tak lama kemudian unjuk rasa berubah menjadi pemberontakan bersenjata, militer mengerahkan pasukan terhadap warga sipil.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Untuk sementara saya mendonasikan uang, tapi saya tidak senang dengan itu, setiap pagi saat bangun, saya depresi melihat berita tentang pembunuhan, pengeboman, pembakaran desa,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Di titik terendahnya Dr Ye bahkan mencoba mengakhiri hidupnya. “Saya memutuskan untuk pulang dan berpartisipasi langsung dalam revolusi,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Menlu RI Minta Negara Eropa Dukung Implementasi Solusi 2 Negara Palestina-Israel

Pada April 2022 dia terbang ke Negara Bagian Kayah yang berbatasan dengan Thailand. Koalisi kelompok bersenjata anti-kudeta menguasai banyak wilayah di sana dan di negara bagian tetangga, Shan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

Keputusan Dr Ye untuk pindah ke “area pembebasan” menyebabkan keretakan di keluarganya. Karena ayahnya pejabat departemen pemasyarakat rezim berkuasa di Naypyidaw.

ADVERTISEMENTS

“Kami benar-benar berpisah, kami tidak saling berbicara lagi, saya pikir ia tidak akan pernah mengubah pemikirannya,” kata Dr Ye.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi