Selasa, 18/06/2024 - 18:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Youtuber Korea Minta Maaf atas Video Kontroversial Rasisme ke Orang Filipina

JAKARTA –YouTuber Korea Selatan Tzuyang, yang memiliki lebih dari sembilan juta subscribers meminta maaf resmi kepada penonton di Filipina. Hal ini sehubungan dengan kontroversi rasisme berisi ucapan Tzuyang. Video tersebut pun kini sudah dihapus.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Melalui kanal Youtube-nya pada 5 Februari, Tzuyang mengaku hendak meminta maaf dengan tulus. Hal ini khususnya kepada penonton dan pelanggan di Filipina atas segala kekeliruan dalam video yang diposting pada tanggal 28 Januari. Dalam video itu menampilkan kolaborasi dengan komedian Korea, Kim Ji-young.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

“Saya telah menghapus konten bermasalah tersebut,” kata Tzuyang, dikutip dari AllKPop, Selasa (6/2/2024).

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Video yang dimaksud merupakan hasil kolaborasi mukbang dengan Kim Ji-young. Dalam video tersebut, Tzuyang menyambut tamunya, Kim Ji-young, yang bertingkah seolah-olah dia adalah pelanggan Filipina. 

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Tzuyang menyatakan dia ingin melakukan Mukbang kolaboratif dengan salah satu penggemarnya di Filipina. Tzuyang kemudian memperkenalkan tamunya, Kim Ji-young, sebagai “Nitong” dari Filipina. 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Berperan sebagai Nitong, Kim Ji-young berbicara dalam bahasa Korea dengan canggung, menyatakan, “Namaku Senyum Cantik Nitong”. Dia menggambarkan Nitong sebagai seseorang yang pindah dari Filipina untuk menikah dengan seorang petani Korea, didorong oleh keinginannya untuk merasakan kehidupan di Korea.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh
Berita Lainnya:
5 Film Horor Action Terbaik yang Pernah Ada, Gabungkan 2 Genre Ikonik Kesukaan Penonton

Kim Ji-young sebelumnya telah tampil sebagai karakter Nitong di berbagai platform, termasuk saluran YouTube ‘FokCine’ dan program hiburan KBS2 ‘Gag Concert.’ Namun, Kim J-young juga menerima kritikan keras atas penggambaran Nitong yang rasis pada masa lalu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Tzuyang, mengungkapkan penyesalannya, dengan menyatakan sangat menghormati Filipina dan benar-benar berterimakasih kepada banyak penonton di sana. Dia mengakui kelalaiannya, dan tidak mengantisipasi bahwa konten yang  dibuat dapat menyebabkan kerugian yang tidak diinginkan.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

“Saya akan mempertimbangkan dengan cermat dan lebih berhati-hati saat membuat konten di masa mendatang,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Warganet asal Filipina mengkiritk keras dan menyebutnya sebagai “konten yang diskriminatif secara rasial”. Banyak warga Filipina mengungkapkan kekecewaan dan kemarahan mereka.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Ini tidak lucu…Sebagai orang Filipina, tidak ada nama seperti Nitong di Filipina…Anda seharusnya melakukan penelitian lebih baik sebelum berpura-pura menjadi orang Filipina dan menggunakan bahasa Filipina…ini rendah dan ini adalah rasisme terang-terangan,” komentar warganet.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard
Berita Lainnya:
Film Laura Tayang di Bioskop Sepekan Jelang Ulang Tahun Mendiang Influencer Laura Anna

Warganet tersebut menyarankan jika sang Youtuber ingin mendapatkan tamu orang Filipina, maka harus mengundang orang Filipina asli dan memilih makanan Filipina. Awalnya, penonton senang ketika Youtuber menyebut tamu Filipina. 

“Tapi kemudian perasaan saya terluka ketika saya mengetahui bahwa itu adalah seseorang yang meniru dan mengolok-olok aksen Filipina. Anda tidak boleh mengolok-olok aksen kami. Dia bahkan tidak terlihat seperti orang Filipina. Dia hanya mempercantik kulitnya, lebih gelap. Jadi maksudnya dia menganggap kulit lebih gelap = orang Filipina?,” ujar warganet.

Demikian pula, pengguna internet di Korea memperkirakan konsekuensi yang mungkin terjadi. Ada yang membayangkan warga negara lain menggambarkan bintang global seperti Son Heung Min dan BTS dengan aksen Korea yang berlebihan.

Beberapa warganet Korea juga berkomentar, sebagai berikut:

“Aku tidak percaya mereka masih menganggap humor lama dari tahun 90-an itu lucu”.

“Ada apa dengan Tzuyang”.

“Itu rendahan”.

“Ini sangat mengejutkan. Tzuyang memiliki banyak penonton luar negeri dan tidak bisakah dia tidak menganggap itu rasis”.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

الَّذِينَ كَانَتْ أَعْيُنُهُمْ فِي غِطَاءٍ عَن ذِكْرِي وَكَانُوا لَا يَسْتَطِيعُونَ سَمْعًا الكهف [101] Listen
Those whose eyes had been within a cover [removed] from My remembrance, and they were not able to hear. Al-Kahf ( The Cave ) [101] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi