Sabtu, 18/05/2024 - 06:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Cak Imin Ingin Menteri Keuangan Dari Madrasah, Pengamat: Seharusnya…

BANDA ACEH  — Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah menyoroti keinginan Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar soal Menteri Keuangan (Menkeu) yang pernah menempuh pendidikan di Madrasah.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Trubus mengatakan, jabatan seorang menteri harusnya bisa dari latar belakang apapun. Sepanjang orang yang dipilih memiliki perhatian lebih terhadap jabatannya. Termasuk jika nantinya seorang menteri keuangan harus memahami juga sektor pendidikan.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Harus ditinggalkan cara-cara berpikir yang sangat primordial,” ujar Trubus saat dihubungi Tribunnews, Kamis (8/2/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Trubus menjelaskan, seharusnya seorang pemimpin mengedepankan kebersamaan, tidak lagi mengkotak-kotakkan keinginan. Dia berujar, suatu jabatan seharusnya diisi oleh kalangan profesional di bidangnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Keterlaluan Banget! SYL dan Putrinya Ternyata Sering Bolak-balik Belanja di Mal Pakai Uang Negara dengan Nilai Fantastis

“Artinya, ada orang mau dari Madrasah, mau dari latar belakang apapun, sepanjang yang bersangkutan memang memahami bidang tersebut, tidak masalah,” tutur Trubus.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Sebagai negara yang sudah 78 tahun merdeka, kata Trubus, seharusnya tidak lagi mengkotak-kotakkan cara pandang. Namun, lebih mengedepankan kebersamaan sebagai bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Jadi kalau saya melihat sebenarnya harusnya ke depan negara ini sudah tidak lagi menggunakan cara-cara itu. Cara-cara primordial. Lebih mengedepankan pada profesional, dan punya kemampuan untuk mengembangkan negara ini ke depannya seperti apa,” kata Trubus.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Trubus mencontohkan, terdapat beberapa jabatan menteri yang lekat dengan kelompok tertentu. Lanjut dia, bukan berdasarkan melihat dari rekam jejak, dan profesionalnya seseorang dalam bekerja.

ADVERTISEMENTS

Sebelumnya, Cak Imin menginginkan menteri keuangan diduduki sosok yang pernah menempuh pendidikan di madrasah. Cak Imin menyampaikan hal itu saat berdiskusi di Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif NU), Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (7/2/2024).

ADVERTISEMENTS

Menurutnya, Menkeu harus memahami persoalan dunia pendidikan, sehingga anggaran untuk lingkup pendidikan akan lebih diutamakan.

Berita Lainnya:
Rocky Gerung Ungkap Alasan PDIP Tarik Ulur Pertemuan Megawati dan Prabowo

“Sebetulnya yang paling penting menteri keuangan itu mesti mengerti betul penderitaan dan prioritas sehingga banyak yang perlu digeser anggarannya kepada hal-hal yang prioritas,” kata Cak Imin.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi