Selasa, 07/05/2024 - 12:41 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Hindari Rute Laut Merah karena Takut Serangan Houthi, Butuh Ongkos Tambahan Rp 15 Miliar

ADVERTISEMENTS

LONDON – Perusahaan pengapalan raksasa, Maersk mengingatkan, Kamis (8/2/2024) gangguan pada rute pelayaran Laut Merah bisa berlangsung hingga setahun. Hingga saat ini, rute ini tak aman karena serangan yang dilakukan Houthi. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Pemimpin redaksi Lloyds List, publikasi terkait pengapalan, Richard Meade kepada CNN menyatakan ada eksodus kapal kontainer besar dari Laut Merah dan Terusan Suez. Mereka tak lagi menggunakan rute Laut Merah tetapi ke Tanjung Harapan, Afrika Selatan. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Kapal-kapal yang mengangkut sepatu hingga telepon pintar dari pabrik di Asia untuk konsumen di Eropa, mengambil rute lebih jauh untuk menghindari Laut Merah. Padahal perairan penghubung Terusan Suez dan Laut Mediterania ini jadi lalu lintas 10-15 persen perdagangan. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Termasuk ekspor minyak dan 30 persen volume pengapalan kontainer. Sejak November 2023, Houthi meningkatkan serangan terhadap kapal komersial yang melewati Laut Merah, sebagai dukungan perjuangan Palestina melawan Israel di Gaza. 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Perubahan Tarif KRL, KCI: Belum Diputuskan

Targetnya kapal berbendera, dioperasikan atau mengangkut barang AS, Inggris, atau Israel. Patroli bersama yang dipimpin AS-Inggris, serta serangan ke target Houthi di Yaman, belum bisa mengendurkan serangan di Laut Merah. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Dampaknya, pengalihan rute atau tertundanya pengiriman barang ke tempat tujuan. Tesla mesti menunda produksi karena terlambat sampainya suku cadang ke Jerman. Perusahaan furnitur Swedia, Ikea juga mengingatkan soal potensi kekurangan stok.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Peter Sand, kepala analis  Xeneta, perusahaan data penerbangan dan pelayaran, memperkirakan 90 persen kapal yang biasanya melewati Laut Merah, mengambil rute lain menuju Tanjung Harapan. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Dubai Targetkan Nilai Perdagangan dengan RI Capai 10 Miliar Dolar AS

Sekitar satu seperempat kapal yang mengangkut kargo kering seperti gandum atau semen dan seperempat tanker yang membawa minyak dan gas alam mengalihkan rutenya menuju Tanjung Harapan, Afrika Selatan. 

Biasanya, butuh dua pekan perjalanan untuk kapal kontainer dan 18 hari untuk kapal berkargo kering serta tanker. Menambah jarak tempuh hingga beberapa ribu mil pada rute pengapalan bakal menaikkan biaya bahan bakar dan asuransi. Selain biaya sewa dan upah kru.

Sand mengestimasi, perusahaan seperti Maersk dan Hapag-Lloyd, perlu tambahan biaya 1 juta dolar AS atau Rp 15 miliar (dengan kurs rupiah di kisaran Rp 15 ribu per dolar AS), per kapal untuk menempuh perjalanan ke rute alternatif, Afrika. 

Sebagian besar biaya tambahan….

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi